Gadget

Nokia 2.2, Andalkan Kamera LowLight dan Google Asisstant

Nokia 2.2 memiliki kamera tunggal di belakang bodi ponsel dengan resolusi 13 megapiksel yang ditunjang LED Flash.

Nokia 2.2, Andalkan Kamera LowLight dan Google Asisstant
Warta Kota
Chief Product Officer HMD Global, Juho Sarvikas dan Head of Marketing Indonesia HMD Global, menunjukkan Nokia 2.2 saat peluncuran Nokia 2.2 di Ballroom Ritz Carlton Pacific Place, Jakarta, Kamis (27/6). 

HMD Global merilis Nokia 2.2 di pasar Indonesia. Ponsel ini hadir dengan sejumlah fitur seperti kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) untuk kamera dan tombol Google Assistant.

Chief Product Officer HMD Global Juho Sarvikas mengatakan smartphone ini menawarkan fitur kamera low light berbasis AI. Jadi, kamera dapat menangkap gambar terus-menerus sehingga algoritmanya menghasilkan foto dengan cahaya terang, detail, serta sedikit distorsi.

Selain itu, ponsel ini menghasilkan fotografi HDR yang bisa menangkap warna cerah untuk jangkauan dinamis pada setiap foto.

“Bagi yang ingin praktis, teknologi kamera Nokia 2.2 secara otomatis mendeteksi kondisi cahaya sekitar dan mengatur sendiri pencahayaan kameranya,” ungkap Juho saat peluncuran Nokia 2.2 di Ballroom Ritz Carlton, Pacific Place, Jakarta, Kamis (27/6).

Juho menjelaskan, Nokia 2.2 memiliki kamera tunggal di belakang bodi ponsel dengan resolusi 13 megapiksel yang ditunjang LED Flash. Kamera ini memiliki beberapa fitur seperti HDR, beautification, dan Google Lense yang akan membantu mencari apa yang dilihat pengguna dengan mengambil gambar. “Mereka juga bisa mengetahui informasi apa pun dengan Google Lens ini,” ujar Juho.

Nokia 2.2 memiliki bentang layar ukuran 5,7 inci beresolusi HD plus 720 x 1520, dengan aspek rasionya 19:9. Pada bagian depan Nokia 2.2 menerapkan ‘poni’ berbentuk waterdrop screen atau tetesan air yang berfungsi menampung kamera depan resolusi 5 megapiksel.

Di sektor hardware, Nokia 2.2 mengandalkan chipset MediaTek Helio A22, dipadu dengan RAM 3 GB dan memori penyimpan data sebesar 32 GB. Kapasitas penyimpanan bisa diperluas hingga 400 GB dengan microSD. Nokia 2.2 menjalankan operasi sistem (OS) Android 9 Pie murni yang dijanjikan akan mendapatkan pembaruan software hingga dua tahun mendatang.

"Kami menjamin dua tahun update Android. Jadi Anda bisa mendapatkan pembaruan Android Q dan R atau apapun yang akan disebutkan Google nanti. Kami juga menjamin security update selama tiga tahun,” jelas Juho.

Selain itu, lanjut Juho, Nokia 2.2 juga dilengkapi tombol Google Assistant yang membuat pengguna memiliki kontrol sendiri pada perangkat yang dimilikinya. "Yang diperlukan adalah menekan satu tombol, dan Anda bisa menggunakan asisten pribadi," tuturnya.

Soal keamanan, meski Nokia 2.2 tidak dilengkapi panel pemindai sidik jari, namun pihak Nokia telah mengandalkan sistem keamanan pada fitur face unlock dengan kendali AI terkini yang menggunkan algoritma canggih dan deteksi yang akurat.

Spesifikasi Nokia 2.2 lain adalah adanya baterai berkapasitas 3.000 mAh yang dapat dicopot. Terdapat colokan microUSB di bagian bawah untuk melakukan isi daya. Hanya ada satu warna yang bisa dipilih konsumen di Indonesia, yakni Tungsten Black.

Menurut Juho, dengan dibekaliAndroid 9 Pie, maka Nokia 2.2 merupakan ponsel Nokia seri 2 pertama yang masuk ke dalam keluarga Android One. Ponsel Nokia dengan Android One menawarkan media penyimpan dan umur baterai luar biasa dan pembaruan keamanan bulanan selama tiga tahun dan pembaruan dua operasi sistem (OS).

Lalu berapa harganya? Nokia 2.2 dijual di Indonesia dengan harga Rp 1.799.000. Nokia memberikan penawaran khusus, di mana konsumen bisa membawa pulang Nokia 2.2 dengan harga Rp 300.000 saja selama periode pre-order online di Blibli, Dinomarket, Shopee, Erafone, dan Sentralponsel.

Harga khusus tersebut merupakan paket bundling dengan operator XL Axiata. Periode pemesanan sendiri berlangsung mulai 28 Juni hingga 3 Juli 2019.

Penulis: Mochammad Dipa
Editor: Ichwan Chasani
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved