Pilpres 2019

Ini Alasan KPU Tetapkan Presiden dan Wapres Terpilih Hari Minggu, Bukan karena Tunggu Jokowi Pulang

Arief Budiman angkat bicara soal jadwal penetapan Joko Widodo-Maruf Amin sebagai presiden dan wakil presiden terpilih 2019-2024 pada Minggu sore.

Ini Alasan KPU Tetapkan Presiden dan Wapres Terpilih Hari Minggu, Bukan karena Tunggu Jokowi Pulang
Wartakotalive.com/Rangga Baskoro
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Arief Budiman saat berada di Rutan Klas I Cipinang, Jakarta Timur, Rabu (17/4). 

KETUA Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman angkat bicara soal jadwal penetapan Joko Widodo-Maruf Amin sebagai presiden dan wakil presiden terpilih 2019-2024 pada Minggu (30/6/2016) sore.

Arief Budiman membantah bila ada anggapan KPU seakan sengaja menjadwalkan penetapan Hari Minggu, karena menunggu kepulangan Jokowi dari Negeri Matahari Terbit, Jepang.

Sebab, diketahui Sang Presiden petahana tengah berada di sana untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20, dan baru pulang pada Sabtu (29/6/2019) hari ini.

Politikus Gerindra Ini Sarankan Prabowo Jangan Bertemu Jokowi Bila Bicarakan Koalisi

"Enggak ada hubungannya dengan kepulangan Pak Jokowi," kata Arief Budiman di Kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Jumat (28/6/2019).

"Lagi pula, pasangan calon tidak diwajibkan untuk hadir, meskipun kami mengharapkan kedatangan mereka," sambungnya.

Sebelum memilih Hari Minggu, KPU sebenarnya punya pilihan tiga hari, yakni Jumat, Sabtu, dan Minggu, untuk menggelar rapat pleno tersebut.

Kondisi Terkini PPSU Cantik Setelah Ditabrak Motor, Minta Makanan Ini Saat Dibesuk Anies Baswedan

Namun karena sidang pembacaan putusan di Mahkamah Konstitusi berlangsung hingga Jumat malam, sedangkan di sisi lain, KPU juga harus mendistribusikan undangan kepada peserta Pemilu.

Undangan tersebut baru selesai dibuat dan didistribusikan pada Jumat siang. Sehingga, tidak mungkin rapat pleno penetapan dilangsungkan pada hari yang sama.

Sedangkan mengapa tidak dipilih Hari Sabtu, Arief Budiman menjelaskan KPU butuh waktu untuk menyiapkan segala dokumen dan perlengkapan teknis acara penetapan, serta penataan layout panggung, kursi, dan tenda.

Sempat Membantah, Gerindra Kini Akui Prabowo Bertemu Kepala BIN Budi Gunawan

"Itu ternyata waktunya mepet, enggak mungkin juga Hari Sabtu. Akhirnya diputuskan berarti Hari Minggu yang paling memungkinkan."

Halaman
1234
Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved