Kasus Narkoba

NGERI! Zat Kandungan Ekstasi Jenis Baru Ditemukan, Efeknya 11 Kali Lipat dari Ekstasi Biasa

Badan Narkotika Nasional (BNN) siang tadi memusnahkan barang bukti narkoba hasil tangkapan periode bulan April - Mei 2019, dari delapan kasus berbeda.

NGERI! Zat Kandungan Ekstasi Jenis Baru Ditemukan, Efeknya 11 Kali Lipat dari Ekstasi Biasa
Warta Kota/Rangga Baskoro
Acara pemusnahan barang bukti narkoba hasil tangkapan BNN periode April - Mei yang dipimpin Kepala BNN, Komjen Heru Winarko di Kantor BNN, Jakarta Timur, Jumat (28/6/2019). 

Badan Narkotika Nasional (BNN) siang tadi memusnahkan barang bukti narkoba hasil tangkapan periode bulan April - Mei 2019, dari delapan kasus berbeda.

KEPALA BNN Komjen Heru Winarko mengatakan dari keseluruhan tangkapan itu, ditemukan ekstasi jenis baru yang kandungannya bisa memberikan efek 11 kali lipat dari ekstasi jenis biasa.

Ekstasi itu ditemukan di daerah Bekasi.

"Sebenernya kami dari BNN juga cukup kaget, yang kita targetkan adalah sabu. Ternyata kami temukan jenis baru ini, ekstasi jenis baru bersamaan dengan sindikatnya," kata Heru di kantor BNN Cawang, Jakarta Timur, Jumat (28/6/2019).

Menurutnya bila ekstasi tersebut dikonsumsi oleh pecandu baru, maka tubuh mereka tak bakal kuat menanggung efek ekstasi yang dikonsumsi.

 Omongan Galih Ginanjar Soal Ikan Asin Viral, Barbie Kumalasari: Dia Menceritakan Fakta yang Ada

 TERUNGKAP Sule Kian Berani Cium dan Peluk Naomi Zaskia di Hadapan Keluarga saat Liburan di Bali

 KEMUNCULAN Ani Yudhoyono Lewat Mimpi, Minta Ibas dan Aliya Rajasa Untuk Menjaga 3 Sosok Ini

"Ini yang sangat membahayakan. Coba kalau kita bayangkan orang yang baru make itu, langsung masuk ke rumah sakit," ujarnya.

Sementara itu, Deputi Bidang Pemberantasan BNN Irjen Arman Depari menjelaskan ekstasi yang beredar di Indonesia umumnya hanya mengandung zat MDMA dan MDA.

Selain mengandung PMMA, Arman menuturkan ekstasi itu terbuat dari tiga zat berbeda yang digabung jadi satu, yakni katinon, pentilon, cannabinoid sintetis.

"Ekstasi yang kita temukan terdiri dari tiga jenis narkoba, jadi bukan hanya satu. Yaitu katinon, pentilon, dan cannabinoid sintetis. Ini lebih keras dari krokodil atau gorilla," tutur Arman.

Hingga kini, Arman menyebut BNN masih berupaya mengungkap darimana ekstasi yang dikirim dari Malaysia itu diproduksi.

 Ini Pernyataan Lengkap Prabowo Terkait Hasil Putusan MK. Mengapa Tak Ada Ucapan Selamat Pada Jokowi?

 KECEWA Putusan Mahkamah Konstitusi, Prabowo Subianto Serukan 3 Permintaan Ini Kepada Pendukungnya

 Terkait PUTUSAN MK, Mahfud MD Bicara Azab Allah untuk Si Curang dan Zalim, Bukan Cuma Satu Pihak

Total barang bukti yang dimusnahkan BNN yakni 240,65 kilogram sabu, ganja 447,93 kilogram, ekstasi 48.671 kilogram, tablet PMMA 9.890 butir, tablet Zenith sebanyak 4.912 butir.

Tramadol 7.747 butir, tablet LL sebanyak 5.660 butir, tablet DMP sebanyak 21.076 butir, tablet putih sebanyak 1.536 butir, dan tablet Zenith Carnophen 1.495 butir. (abs)

Penulis: Rangga Baskoro
Editor: Hertanto Soebijoto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved