Pilpres 2019

Pengamat Yakin Jokowi dan Prabowo Akur, Sebut SBY Oposisi Sebenarnya

Hubungan Jokowi dan Prabowo selama 4 tahun terakhir dirasa cukup baik sebelum adanya Pemilu. Hubungan baik ini diyakini bisa terjalin kembali

Pengamat Yakin Jokowi dan Prabowo Akur, Sebut SBY Oposisi Sebenarnya
TRIBUNNEWS/DANANG TRIATMOJO
Direktur Eksekutif Indo Barometer Muhammad Qodari 

Pengamat Politik Muhammad Qodari meyakini jika usai putusan Mahkamah Konstitusi (MK) siang nanti, cepat atau lambat Petahana Joko Widodo (Jokowi) akan bertemu dengan Capres Prabowo Subianto. Menurut Qodari, keduanya memiliki hubungan yang cukup harmonis.

Qodari meyakini, selama 5 tahun ini ia amati, Prabowo tidak cukup menonjol dalam melakukan manuver politik kepada Jokowi.

“Episode pertemanan Pak Jokowi dengan Pak Prabowo lebih banyak dibandingkan episode bermusuhannnya, ya kompetisinya setahun lah, 4 tahunnya berkawan,” terang  Direktur Ekskutif Indobarometer itu dalam acara Satu Meja The Forum yang ditayangkan Kompas Tv Rabu (26/6/2019).  

Bahkan menurut pengamatannya, yang menjadi oposisi sejati selama pemerintahan Jokowi bukanlah Prabowo, melainkan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

“Sesungguhnya oposisi di masa Pak Jokowi ini sesungguhnya Pak SBY. Namanya saling tukar pendapat dan manuver sebagainya itu sering,” jelas Qodari.

Tetapi kata Qodari publik melihat, meskipun banyak terjadi manuver politik dengan SBY, tetapi pertemuan sering terjadi di antara kedua belah pihak.

“Dengan Pak SBY saja sering bertemu apalagi dengan Pak Prabowo,” jelasnya.

Oleh karenanya, ia meyakini betul jika Jokowi dan Prabowo akan bertemu usai putusan MK siang nanti.

Terlebih kata Qodari, jikapun Jokowi menjadi Presiden di periode berikutnya, maka keduanya tidak akan bersitegang untuk persiapan 2024.

“Dan setelah Pak Jokowi kini yang populer Pak Prabowo jadi Capres terkuat 2024 itu Pak Prabowo,” terang Qodari.

Halaman
12
Penulis: Desy Selviany
Editor: Mirmo Saptono
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved