Pendatang Baru Bisa Mengikuti Program Pelatihan Kerja dengan Mengikuti Sejumlah Syarat Ini

Mayoritas berpendidikan rendah dan unskill. Mereka ingin mengadu nasib di Jakarta, mengubah nasibnya lebih baik.

Pendatang Baru Bisa Mengikuti Program Pelatihan Kerja dengan Mengikuti Sejumlah Syarat Ini
Warta Kota/Henry Lopulalan
Ilustrasi. Sejumlah warga pendatang sedang mengurus surat pemindahan pemilih (A5) untuk dapat tetap ikut penjoblosan pada pemilu di Kantor KPU Wialayah Jakarta Pusat, Jalan Pejambon, Jakarta Pusat, Minggu (17/2/2019). Foto Copy KTP dan KK menjadi syarat agar dapat tetap melaksanakan haknya ikut serta pemilu. 

Wali Kota Jakarta Selatan, Marullah Matali mengakui, sebagian besar pendatang baru di Jakarta Selatan umumnya memiliki pendidikan yang rendah dan tidak dibekali dengan skill kerja yang memadai.

"Ya, dari pendataan yang dilakukan seperti itu. Mayoritas pendidikan rendah dan unskill. Mereka ingin mengadu nasib di Jakarta, mengubah nasibnya lebih baik," ujar Marullah kepada Warta Kota, Kamis (27/6/2019).

Marullah menyebut para pendatang baru itu bisa mengikuti program Pengembangan Kewirausahaan Terpadu (PKT) atau pelatihan kerja yang dilakukan Pemerintah Kota Jakarta Selatan di setiap kecamatan.

"Mereka bisa mengikuti pelatihan kerja dengan syarat mereka membuat KTP DKI Jakarta dengan ketentuan yang ditetapkan, misalnya membuat surat pindah dari daerah asal. Kemudian, mereka bisa mendaftarkan diri ke kecamatan untuk ikut program pelatihan" ujar Marullah.

Coba Adu Nasib, Banyak Warga Pendatang di Bekasi Jadi Gelandangan

Warga Pendatang Yang Ingin Bekerja di Depok Diimbau Membuat SKTT, Jika Tidak Terancam Diusir

Sebelumnya, Kasudin Dukcapil Jakarta Selatan, Abdul Haris menambahkan, berdasarkan pendataan sementara, saat ini tercatat 6000 pendatang baru di Jakarta Selatan.

"Perkiraan kami tahun ini ada 8000 pendatang atau menurun drastis dari tahun lalu yang sebesar 18 ribu pendatang," ujarnya.

Sebelumnya, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Jakarta Utara mendapati 52 pendatang, saat menggelar Operasi Bina Kependudukan di Apartemen Maple Park, Sunter Agung, Tanjung Priok, Rabu (18/7/2018).

Kepala Suku Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Jakarta Utara Erik Polim Sinurat mengatakan, para pendatang tersebut datang ke Jakarta karena diajak oleh teman-temannya untuk mencari peruntungan.

“Melihat temuan kita tadi, umumnya adalah mereka pendatang baru. Mereka ini bekerja di Jakarta dan mereka dibawa teman, teman ke teman. Pasca-Lebaran mereka sudah tinggal di sini,” ujar Erik.

Baca: Daus Mini Sempat Beli Baju Berukuran Sama dengan Anaknya

Sesuai ketentuan, apabila ingin tinggal dalam waktu lama, mereka harus melapor kepada pengurus RT/RW setempat. Namun jika ternyata hanya sementara, maka petugas akan memberikan dokumen khusus.

“Kalau misalnya mereka kerja di restoran, tempat-tempat home industry ataupun kegiatan industri menengah ke bawah, mereka kan biasanya permanen, ada enam bulan ada satu tahun, mereka kita berikan Surat Keterangan Domisili Sementara (SKDS) yang berfungsi satu tahun,” jelasnya.

Erik mengatakan, pemilihan apartemen sebagai lokasi operasi, semata-mata untuk mengetahui sampai sejauh mana para pendatang melaporkan diri ke pengurus RT/RW. Sebab, kegiatan ini juga semata-mata sebagai sosialisasi kepada para pendatang baru yang tinggal di apartemen.

Baca: Sering Diperbincangkan di Medsos, Ahmad Syaikhu Yakin Menangi Pilgub Jabar

“Nah, rupanya dari pengelola pada saat warga datang ke sini, mereka sudah minta dokumennya, dokumen kependudukan ya. Tujuannya biduk ini adalah melakukan pembinaan tertib administrasi kependudukan pasca-Idul Fitri dan kegiatan kedua setelah di Pademangan Timur,” paparnya.

Dalam kesempatan itu, sebanyak 95 petugas gabungan dikerahkan ke lokasi. Selanjutnya kegiatan serupa juga akan digelar di salah satu apartemen di kawasan Pademangan, Jakarta Utara, beberapa minggu ke depan. 

Penulis: Feryanto Hadi
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved