Pilpres 2019

Pembacaan Putusan Sidang Sedang Berlangsung, Kemenkominfo Urung Blokir Sosial Media

Sidang putusan sengketa hasil Pilpres di gelar Mahkamah Konstitusi (MK) pada Kamis (27/6/2019), pukul 12.30 WIB.

Gelaran sidang putusan hasil gugatan Pilpres pada Kamis (27/6/2019) Kominfo menyatakan belum akan melakukan pembatasan terhadap fitur media sosial.

Hal tersebut diutarakan Plt Kepala Humas Kementerian Kominfo, Ferdinandus Setu.

Wartakotalive.com melansir KompasTekno.com menuturkan, sampai saat ini Kemenkominfo tidak lakukan pembatasan fitur medsos karena suasana masih cenderung kondusif.

Ferdinandus pun mengatakan bahwa saat ini belum terlihat adanya eskalasi hoaks ataupun hasutan provokatif di media sosial maupun aplikasi pesan instan.

Tak Ada Toilet Portabel, Peserta Aksi Damai Harus Antri di Kantor Kemenpolhukam

Karpet Hijau Digelar di Jalan Medan Merdeka Barat untuk Salat Berjamaah, Massa Aksi: Hidup TNI!

Tim Kuasa Hukum 01 Kompak Pakai Kopiah Hitam Pemberian Maruf Amin di Sidang Putusan MK

Alhasil Kominfo tidak memiliki alasan untuk melakukan pembatasan tersebut.

"Sejauh ini tidak terjadi peningkatan atau eskalasi hoaks dan hasutan provokatif, belum ada alasan untuk melakukan pembatasan fitur medsos," ungkap Ferdinandus kepada KompasTekno, Kamis (27/6/2019).

Ia juga menegaskan bahwa pihak Kementerian Kominfo hingga saat ini terus melakukan pemantauan pembicaraan warganet di media sosial jelang pembacaan putusan siang nanti.

Kominfo mengimbau agar warga tidak menyebarkan berita hoaks dan provokatif.

"Namun demikian, Kemkominfo mengimbau warganet untuk tidak menyebarkan hoaks dan informasi menyesatkan lewat internet jelang pembacaan putusan MK," lanjut Ferdinandus.

Sebelumnya, pembatasan terhadap beberapa fitur media sosial dan pesan instan sempat dilakukan Kominfo saat situasi memanas pasca-Pemilu pada 21 dan 22 Mei lalu,
untuk Facebook, Instagram, dan WhatsApp.

Kominfo membatasi sejumlah fitur pada media sosial dan layanan chat WhatsApp, seperti mengirim & menerima gambar, bukan memblokir sepenuhnya.

Pada saat sidang perdana terkait permohonan sengketa Pilpres pada 14 Juni lalu, Kominfo pun sempat membuka peluang untuk kembali memblokir akses media sosial.
Namun karena suasana yang berlangsung kondusif, Kominfo urung melakukan kebijakan tersebut.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "WhatsApp dkk Tidak Diblokir saat Sidang Putusan MK Hari Ini", https://tekno.kompas.com/read/2019/06/27/12180067/whatsapp-dkk-tidak-diblokir-saat-sidang-putusan-mk-hari-ini.

Penulis: Muhamad Rusdi
Editor: Dian Anditya Mutiara
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved