Ibu Kota Pindah

Istana Presiden di Ibu Kota Baru Dibangun Mulai Tahun 2021

MENTERI Perencanaan dan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) Bambang Brodjonegoro menyatakan, pembangunan ibu kota baru akan di mulai pada tahun 2021.

Editor: Yaspen Martinus
Kompas.com
ILUSTRASI: Istana Bogor 

MENTERI Perencanaan dan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) Bambang Brodjonegoro menyatakan, pembangunan ibu kota baru akan di mulai pada tahun 2021.

Istana Kepresidenan RI merupakan salah satu prioritas pertama yang akan dibangun.

"Pasti tentunya Istana Presiden itu salah satu yang diprioritaskan untuk dibangun dari sejak tahun 2021," ujarnya saat ditemui di Kantor Bappenas, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (26/6/2019).

Polda Metro Jaya Keluarkan Surat Penolakan Acara Halalbihalal PA 212 di Depan Gedung MK

Nantinya, ujar Bambang Brodjonegoro, pembangunan Istana Kepresidenan juga akan dibarengi pembangunan kompleks fisik perkantoran eksekutif, legislatif, yudikatif, serta TNI dan Polri.

Berdasarkan kajian terbaru Bappenas, kebutuhan biaya untuk membangun gedung eksekutif, legislatif, yudikatif, serta TNI-Polri, diperkirakan mencapai Rp 51,1 triliun dari total kebutuhan biaya Rp 466 triliun.

"Jadi intinya semua pihak akan dilibatkan, sehingga APBN tidak menanggung ini sendirian dan tidak menanggung beban sendirian, dan kita sudah coba pilah," ungkap Bambang Brodjonegoro.

Video Viral yang Sebelumnya Diduga Aksi Begal Payudara Ternyata Penjambretan yang Gagal

Rencananya pada tahun ini, target lokasi pasti ibu kota baru telah ditentukan.

Kemudian, dilanjutkan rancang master plan di tahun 2020,pembangunan tahap awal dimulai pada 2021, dan pemindahan tahap pertama ke ibu kota baru akan dilakukan pada tahun 2024.

Sebelumnya Wartakotalive memberitakan, pemerintah menargetkan tahun ini lokasi persis ibu kota baru telah rampung.

Sejumlah Ormas Unjuk Rasa di Depan Gedung MK Jelang Sidang Putusan, Wiranto: Apa yang Diperjuangkan?

Menteri Perencanaan dan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) Bambang Brodjonegoro menyatakan, kandidat lokasi terkuat ibu kota baru berada di Pulau Kalimantan.

"Rencananya 2019 ini sudah penentuan lokasi persisnya ibu kota baru," ujar Bambang saat pemaparan dalam seminar di kantor Bappenas Pusat, Jakarta Pusat, Rabu (26/6/2019).

 Ikut Unjuk Rasa Jelang Sidang Putusan MK, Sekelompok Remaja Ini Malah Minta Bahar Smith Dibebaskan

Mantan Menteri Keuangan ini menuturkan, dipilihnya Pulau Borneo menjadi lokasi ibu kota baru dengan beberapa pertimbangan.

Di antaranya, rawan bencana alam, ketersediaan lahan, kebutuhan dasar listrik dan air cukup memadai, lokasi berada di tengah Indonesia, serta dekat dengan ibu kota yang baru.

"Satu lagi kita ingin ibu kota baru ini dekat dengan kota eksisting, atau yang relatif sudah berkembang, sudah fungsional," jelasnya.

 Wiranto: Kalau Demonstrasi Enggak Ada Izin Polisi Berhak Bubarkan Massa

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved