Isu Makar

Polisi Siap Hadapi Gugatan Praperadilan Mayjen (Purn) Kivlan Zen

Tersangka kasus dugan makar Kivlan Zen mengajukan gugatan praperadilan ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Kamis (20/6/2019)

Polisi Siap Hadapi Gugatan Praperadilan Mayjen (Purn) Kivlan Zen
Antara/Ricky Prayoga/2019
Arsip. Tersangka kasus dugaan kepemilikan senjata api ilegal Kivlan Zen melambaikan tangan pada awak media usai menjalani pemeriksaan sebagai saksi Habil Marati, politikus PPP, yang ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus pembunuhan tokoh nasional dengan dugaan peran sebagai penyandang dana kericuhan 21-22 Mei 2019 dan pembelian senjata api di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (14/6/2019). 

Tersangka kasus dugan makar dan kepemilikan senjata api ilegal, Mayjen (Purn) Kivlan Zen mengajukan gugatan praperadilan ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Kamis (20/6/2019).

Gugatan dilakukan atas penetapan tersangka Kivlan oleh penyidik Polda Metro Jaya yang dianggapnya melanggar prosedur.

Diagendakan, sidang perdana gugatan praperadilan Kivlan digelar di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan, 8 Juli 2019 mendatang.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono menuturkan gugatan praperadilan yang diakukan Kivlan adalah hak tersangka.

Ia mempersilakannya dan memastikan bahwa tim hukum Polda Metro Jaya akan siap menghadapi gugatan itu di pengadilan.

 Begini Nasib Terkini Angelina Sondakh Mantan Istri Adjie Massaid yang Dipenjara 7 Tahun

 Pengantin Baru Tewas Berhubungan 48 Jam Maraton, Pengakuan Suami Lakukan Hal yang Sadis

 Ternyata Ini Alasan BPN Tetap Optimis Bakal Memenangkan Gugatan di MK, Hakim Sudah Kantongi Putusan

 Kapolri Sudah Larang Demo di Depan MK, Polisi Pastikan Berhak Bubarkan Demo Tak Sesuai Aturan

"Jadi itu adalah hak tersangka dan kami tidak masalah untuk itu, silahkan saja. Tentunya kita siap dan akan hadapi gugatan itu di sidang praperadilan nantinya," kata Argo, Rabu (26/6/2019).

Menurut Argo, dalam sidang nanti pihaknya akan membeberkan bahwa yang dilakukan penyidik atas penetapan Kivlan sebagai tersangka, sudah sesuai dengan prosedur hukum yang ada.

"Dimana sedikitnya ada dua alat bukti yang cukup yang dimiliki penyidik, sebelum menetapkan seseorang itu sebagai tersangka," katanya.

Digelar 8 Juli 2019

Sementara itu Juru Bicara PN Jakarta Selatan, Achmad Guntur, mengatakan, sidang perdana gugatan praperadilan yang dilayangkan Kivlan Zen melawan Polda Metro Jaya atas status tersangkanya, dijadwalkan digelar 8 Juli 2019 di PN Jakarta Selatan.

Halaman
12
Penulis: Budi Sam Law Malau
Editor: Hertanto Soebijoto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved