Kasus Narkoba

Generasi Milenial Jadi Sasaran Pengedar Narkoba, BNN Akan Lakukan Ini

sebanyak 275 juta penduduk di dunia atau 5,6 persen dari penduduk dunia (usia 15-64 tahun) pernah mengonsumsi narkoba.

Generasi Milenial Jadi Sasaran Pengedar Narkoba, BNN Akan Lakukan Ini
Wartakotalive/Mohamad Yusuf
Heru Winarko Kepala BNN, mendampingi Wapres, Jusuf Kalla, dalam acara Dialog Nasional P4GN, di Gedung Tri Brata, Kebayoranbaru, Jakarta Selatan, Rabu (25/6/2019) 

SAAT ini generasi milenial jadi sasaran pengedar narkoba

Kepala BNN Komjen Heru Winarko, mengatakan bahwa sebanyak 275 juta penduduk di dunia atau 5,6 persen dari penduduk dunia (usia 15-64 tahun) pernah mengonsumsi narkoba.

Data tersebut merupakan catatan World Drugs Reports 2018 yang diterbitkan United Nations Office on Drugs and Crime (UNODC).

Sementara di Indonesia, BNN selaku focal point dibidang Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) mengantongi angka prevalensi penyalahgunaan narkoba tahun 2017, sebesar 1,77% atau setara 3.376.115 orang pada rentang usia 10-59 tahun.

BNN Ungkap Peredaran 27 Ribu Ekstasi Dikendalikan dari Lapas

"Sedangkan prevalensi angka penyalahgunaan narkoba di kalangan pelajar di tahun 2018 (dari 13 ibukota provinsi di Indonesia), mencapai angka 3,2 persen atau setara dengan 2,29 juta orang," kata Heru, dalam acara Dialog Nasional P4GN, memperingati Hari Anti Narkotika Internasional (HANI), di Gedung Tri Brata, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (25/6/2019).

Salah satu kelompok masyarakat yang rawan terpapar penyalahgunaan narkoba, lanjutnya, adalah Generasi Milenial. Yaitu mereka yang berada pada rentang usia 15-35 tahun.

Kakak Beradik Pemasok Narkoba ke Jerry Aurum Mantan Suami Denada Ditangkap

Generasi Milenial atau yang juga dikenal dengan Generasi Y (Gen Y) kerap digolongkan sebagai kaum muda dengan karakteristik energik dan cenderung tidak suka dengan aturan.

"Belakangan, generasi milenial banyak diperbincangkan, mulai dari segi pendidikan, moral dan budaya, etika kerja, ketahanan mental serta kedekatannya dengan teknologi.  Muncul berbagai stereotype (penilaian) yang mengklaim kaum milenial dengan berbagai karakteristik baik dan buruk," jelas Heru.

Masyarakat Dilarang Keras Beli Motor Berkode ST, Simak Penjelasan Polisi Soal Motor Berkode ST

Kemunculan berbagai stereotype, tambahnya, memberikan beragam persepsi masyarakat, yang berdampak pada perkembangan mental kaum milenial.

Mereka yang bertahan dengan stereotype terburuk akan menjadi pribadi yang kuat dan mampu menghadapi dunia kini dan nanti.

Halaman
123
Penulis: Mohamad Yusuf
Editor: Dian Anditya Mutiara
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved