BERITA FOTO

FOTO : Warga Berebut Pembagian Ayam Gratis

Warga berebut mendapatkan ayam hidup secara gratis. Pedagang bagikan ayam karena harga ayam turun drastis.

FOTO : Warga Berebut Pembagian Ayam Gratis
Tribun Jateng/Hermawan Handaka
Warga berebut pembagian ayam gratis di Pasar Bulu Kota Semarang, Selasa (26/6/2019). 

Ratusan orang berebut pembagian ayam gratis di Pasar Bulu Kota Semarang, Selasa (26/6/2019).
Walau dari pihak panitia sudah memberikan kupon untuk mengantri akan tetapi masyarakat sulit ditertibkan dan terlihat saling berebut.

Setidaknya ada 11.500 ekor ayam yang dibagikan secara gratis di wilayah Kota Semarang seperti di Pasar Bulu, Pasar Pedurungan, Pasar Jatingaleh, Pasar Dargo, Pasar MAJT, Kramas dan Dinas Pertanian.

Sebelumnya diberitakan Kepala Dinas Pertanian dan Pertenakan (Dispertan) Kota Semarang, Wahyu Permata Rusdiana, tidak menyangka harga ayam broiler di kalangan peternak Jawa Tengah pada kisaran Rp 7.000 hingga Rp 8.000 per kilogram.

Ratusan orang berebut pembagian ayam gratis di Pasar Bulu Kota Semarang, Selasa (26/6/2019).
Ratusan orang berebut pembagian ayam gratis di Pasar Bulu Kota Semarang, Selasa (26/6/2019). (Tribun Jateng/Hermawan Handaka)

Hal tersebut dinilai rendah jika dibanding dengan harga daging ayam di kalangan pedagang yang berada pada kisaran Rp 25.000 hingga Rp 30.000.

Hal tersebut diketahui usai pihaknya menerima informasi dari Perhimpunan Insan Perunggasan Rakyat Indonesia Jawa Tengah (Pinsar Jateng) yang berencana akan membagikan ayam lantaran murahnya harga ayam di kalangan peternak.
"Kemarin saya bingung, ada peternak bilang harganya Rp 7.000, padahal saya beli di pasar harganya Rp 25.000," ungkap Rusdiana, Selasa (25/6/2019).

Menurut Rusdiana, harga tersebut dinilai rendah lantaran tidak sebanding dengan harga yang ada di pasaran. Pihaknya pun akan segera melakukan pengecekan harga ayam broiler di kalangan peternak Kota Semarang.

Jika memang harga ayam broiler di Kota Semarang rendah dan merugikan para peternak, pihaknya akan bekerjasama dengan Corporate Social Responsibility (CSR) untuk membeli ayam para peternak sebagai upaya untuk menstabilkan harga. Hal tersebut akan dilakukan hingga harga ayam broiler benar-benar stabil.

"Nanti akan kami cek. Jika memang dinilai merugikan peternak, kami akan gandeng CSR untuk beli ayam dari peternak hingga semua benar-benar stabil," tuturnya.

Warga berebut pembagian ayam gratis di Pasar Bulu Kota Semarang, Selasa (26/6/2019).
Warga berebut pembagian ayam gratis di Pasar Bulu Kota Semarang, Selasa (26/6/2019). (Tribun Jateng/Hermawan Handaka)

Diakuinya, pihaknya belum meneliti penyebab murahnya harga ayam di kalangan peternak dan mahalnya di kalangan pedagang.
Beberapa waktu lalu, dia mengecek harga ayam di peternak Kota Semarang masih pada kisaran Rp 15.000.

Jika para pedagang langsung membeli kepada para peternak, tentunya harga ayam di pasaran tidak akan semahal saat ini.
Dia memprediksi mahalnya harga ayam hingga kalangan pedagang dikarenakan pedagang membeli tidak langsung dari peternak namun melalui beberapa pengepul.

Halaman
12
Editor: Alex Suban
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved