Reklamasi Teluk Jakarta

Anies Sebal Ahok Terlalu Cerdik soal Peraturan Reklamasi

Anies Baswedan mengatakan penerbitan Pergub 206 Tahun 2016 tentang Panduan Rancang Kota Pulau C, D dan E Reklamasi yang dikeluarkan Ahok sengaja dikeb

Anies Sebal Ahok Terlalu Cerdik soal Peraturan Reklamasi
Wartakotalive.com/Anggie Lianda Putri
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Balai Kota Rabu (19/6). 

Laporan Wartawan Wartakotalive.com, Anggie Lianda Putri

GAMBIR, WARTAKOTALIVE.COM -- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan penerbitan Pergub 206 Tahun 2016 tentang Panduan Rancang Kota Pulau C D dan E Reklamasi yang dikeluarkan oleh mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) sengaja dikebut dan diterbitkan sebelum Ahok lengser.

Adapun tujuan dikebutnya Pergub tersebut menurut Anies agar para pengembang bisa melanjutkan penimbunan air laut menjadi daratan tersebut dikemudian hari.

"Menurut saya yang mengerjakan ini semua cerdik, serius, dan itu semua dikerjakan dikebut sebelum saya mulai kerja. Ini yang bikin sebel," ujar Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (25/6/2019).

Anies mengaku kesal karena adanya Pergub bikinan Ahok sebab tak bisa mencabutnya lantaran Pergub itu berlaku surut.

Maksud dari berlaku surut adalah karena bila ada peraturan baru tak akan bisa merubah keadaan yang ada.

"Ada satu prinsip hukum tata ruang, bahwa ketentuan itu tidak bisa dilaksanakan karena berlaku surut. Kan ada PRK (Panduan Rancang Kota) pergub 206 mereka membangun mengikuti PRK. Kalau mengikuti PRK, dia (pengembang) mengikuti ketentuan dan bisa dibongkar bila dia tidak mengikuti ketentuan tata kota," ungkap Anies.

Menurutnya penerbitan IMB itu berdasarkan Hak Guna Bangunan (HGB) yang sebelumnya telah disusun berdasarkan Pergub yang dibuat Ahok.

"Bila tidak ada Pergub 206, maka tidak bisa keluar HGB. Kalau tidak ada HGB, tidak ada hak melakukan pembangunan. Begitu ada HGB ada hak pembangunan, nah selama pembangunan sesuai dengan guna bangunan disitu dan sesuai dengan rencana tata kota. HGB disusun berdasarkan Pergub 206. kalau tidak ada Pergub 206. tidak bisa disusun HGB," papar Anies.

Penulis: Anggie Lianda Putri
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved