Tiket Masuk Jakarta Fair Mahal, Warga dan YLKI Kritik Lemahnya Pengawasan DPRD DKI

Mahalnya harga tiket masuk dan tarif parkir Jakarta Fair Kemayoran (JFK) dikritik oleh warga dan Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI).

Tiket Masuk Jakarta Fair Mahal, Warga dan YLKI Kritik Lemahnya Pengawasan DPRD DKI
warta kota
PT Kereta Api Indonesia (KAI) memberikan diskon mulai 5 sampai 20 persen bagi pembelian tiket kereta jarak menengah dan jauh di stan PT KAI di Jakarta Fair Kemayoran. 

Mahalnya harga tiket masuk dan tarif parkir Jakarta Fair Kemayoran (JFK) dikritik oleh warga dan Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI).

Pengamat Kebijakan Publik Trubus Rahardiansyah mengatakan hal tersebut dikarenakan lemahnya pengawasan DPRD.

DPRD dinilai melakukan pembiaran kepada pengelola yang setiap tahun menaikan tarif JFK ini.

Ketua YLKI Sebut Jakarta Fair yang Tidak Fair, Ini Alasannya

"Selama ini kelihatannya DPRD seperti ada pembiaran. Memang DPRD lemah dalam hal pengawasan. Baru deh setelah ada kritikan, seolah-olah bertindak," ujar Trubus kepada Warta Kota, Selasa (25/6/2019).

Terlebih kenaikan harga tiket setiap tahun ini tidak disertai penjelasan resmi seperti misalnya ada penambahan fasilitas ataupun lainnya.

"Tiap tahun naik tapi tanpa ada penjelasan secara terbuka. Harusnya dikasih tahu dong naiknya karena apa. Apakah ada fasilitas yang ditambah atau apa? Nah itukan tidak pernah dijelaskan oleh pengelola," kata Trubus.

Kunjungi Jakarta Fair, Ketua YLKI Anggap Biaya Parkir Terlalu Mahal

Iapun kecewa, sebab JFK merupakan rangkaian dari Hari Ulang Tahun (HUT) Jakarta yang harusnya tidak membebankan masyarakat apalagi terkait tarif.

"Saya sangat kecewa karena JFK itu seperti bukan diadakan dalam rangka menghibur masyarakat Jakarta, tapi lebih ke fungsi entertain. Menurut saya itu ada kepentingan-kepentingan bisnis di belakang itu," kata Trubus.

"Padahal JFK itu diadakan dalam rangka ultah Jakarta. Seharusnya masyarakat menikmati dengan segala eventnya, tapi kok ini malah disuruh bayar. Harusnya seluruh fasilitas dan event yang menyangkut ultah Jakarta itu Gratis!," papar Trubus.

DPRD DKI sendiri menyatakan akan memanggil pengelola Jakarta Fair untuk meminta penjelasan.

Harga Tiket dan Parkir Mahal, DPRD Bakal Panggil Pengelola Jakarta Fair Kemayoran

Halaman
12
Penulis: Anggie Lianda Putri
Editor: Max Agung Pribadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved