Breaking News:

Layanan Umum

Tiga Gebrakan Baru Layanan Kependudukan Kabupaten Bekasi

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Bekasi akan menyiapkan tiga mobil layanan keliling untuk melayani warga di 164 Desa, dan 23 kecamatan.

Warta Kota/Muhammad Azzam
Warga sedang mengurus dokumen kependudukan di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Bekasi, Selasa (25/6/2019). 

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Bekasi melakukan tiga gebrakan baru untuk meningkatkan pelayanan kependudukan bagi warga Kabupaten Bekasi.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Bekasi, Hudaya menuturkan tiga gebrakan baru itu berupa pelayanan mobil keliling, pelayanan kios kependudukan, dan pembukaan Mal Pelayanan Publik (MPP).

Itu semua merupakan program prioritas jangka pendek dari Bupati Bekasi Eka Supria Atmaja.

"Kita akan siapkan sarana dan prasarananya untuk segera melakukan program itu," kata Hudaya, kepada Warta Kota, Selasa (25/6/2019).

Hudaya mengungkapkan, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bekasi akan menyiapkan tiga mobil layanan keliling untuk melayani 164 Desa, dan 23 kecamatan.

Kisah Anto Warga Babelan Berangkat Subuh untuk Mengurus KK di Disdukcapil Kabupaten Bekasi

Kalangan Warga Mengeluhkan Kondisi Kantor Pelayanan Disdukcapil Kabupaten Bekasi

"Jadi, rencananya tiap hari akan ada tiga desa atau kecamatan didatangi mobil keliling itu. Warga bisa urus kartu keluarga (KK), akte kelahiran, dan lainnya. Semuanya selesai dalam satu hari," ungkapnya.

Selain itu, kata Hudaya, akan ada inovasi pelayanan kios Catatan Sipil (Capi).

Disdukcapil Kabupaten Bekasi menyiapkan tujuh kios yang difasilitasi layanan secara online dengan menggunakan aplikasi sosial media whatsapp sebagai sarana komunikasi antara warga dan petugas.

"Yang tidak kalah penting, kita juga sedang mengkaji perihal pembukaan Mal Pelayanan Publik sehingga masyarakat tidak perlu repot datang ke Kantor Disdukcapil," jelas Hudaya.

Pihak Disdukcapil Kabupaten Bekasi Siapkan Pelayanan Kependudukan Keliling ke Desa

Bupati Tangerang Ingin Masyarakat Sehat, Janji Bakal Bangun Fasilitas Olahraga di Setiap Kecamatan

Inovasi Lain

Selain ketiga program itu, Hudaya menambahkan Disdukcapil Kabupaten Bekasi juga akan menyiapkan sejumlah inovasi lain untuk meningkatkan pelayanan kependudukan.

Salah satunya penggunaan inovasi tandatangan elektronik dalam pengurusan KK, akte kelahiran, maupun dokumen kependudukan lainnya.

"Selama ini warga urus KK dan akte kelahiran harus ke kantor Disdukcapil karena regulasinya harus pakai tanda tangan saya (kepala Disdukcapil--Red. Kasihan bagi warga yang rumahnya jauh. Maka, kita akan ubah dan sedang kaji rencana menggunakan inovasi tanda tangan elektronik," ungkapnya.

Selain sisi peningkatan pelayanan, Disdukcapil Kabupaten Bekasi juga akan peningkatan fasilitas di kantor pelayanan Disdukcapil agar warga yang mengurus dokumen kependudukan lebih nyaman.

"Saya sudah menginventaris beberapa hal, di antaranya ruang pelayanan terlalu sempit dan kurang representatif. Jadi kita akan benahi juga, kita tambah AC (air conditioner atau pengatur suhu ruangan) agar tidak panas. Lampu yang redup kita ganti biar terang, dan akan disediakan air minum gratis," ujarnya. 

Penulis: Muhammad Azzam
Editor:
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved