Jajaran Suku Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Mulai Gelar Operasi Bina Kependudukan

Sudin Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Jakarta Pusat akan mengelar operasi bina kependudukan.

Jajaran Suku Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Mulai Gelar Operasi Bina Kependudukan
Warta Kota/Rangga Baskoro
Suku Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Jakarta Pusat menggelar operasi bina kependudukan (biduk) di Kelurahan Cempaka Putih Barat, Kecamatan Cempaka Putih. 

Guna melakukan pendataan kepada pendatang baru DKI Jakarta, Sudin Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Jakarta Pusat akan mengelar operasi bina kependudukan.

Operasi itu rencananya akan dimulai Rabu (26/6/2019) hingga Oktober 2019 . Operasi ini dilakukan guna mendata pendatang baru yang tiba di Jakarta Pusat usai libur Lebaran 2019.

"Sebenarnya pendataan dan pemetaan sudah kami lakukan sejak tanggal 24 Juni lalu. Setelah itu selesai, baru Rabu (26/6/2019 kami akan gelar Binduk," kata Kasudin Dukcapil Jakarta Pusat, Remon Mastadian, Selasa (25/6/2019)

Selain melakukan operasi Binduk, pihak Sudin Dukcapil Jakarta Pusat juga akan meminta bantuan kepada seluruh pengurus RT dan RW dalam pendataan warga terutama mereka yang sebagai pendatang.

Lewis Hamilton Tolak Disalahkan sebagai Penyebab Tidak Serunya F1

Di Indonesia Open 2019, Susy Susanti Ingin Pertahankan Gelar Ganda Putra

Stefano Cugurra Tegaskan Bali United Siap Hadapi Kalteng Putra Meski Persiapan Mepet

Nantinya, mereka akan diberikan formulir untuk melakukan pendataan terhadap pendatang baru di wilayahnya masing-masing. Dengan diberikan Surat Keterangan Domisili Sementara (SKDS).

"Kami belum tahu berapa junlah pasti pendatang yang masuk ke Jakarta Pusat. Setelah pendataan baru baru terlihat jumlahnya," ujarnya.

Remon menyebut ada tiga lokasi favorit pendatang baru di wilayahnya. Wilayah itu menjadi titik tertinggi para pendatang Khusus nya wilayah Jakarta Pusat, karena berdekatan dengan sentra perekonomian.

"Ada tiga kecamatan yang menjadi tempat favorit pendatang baru dari luar DKI Jakarta, yaitu Kecamatan Tanah Abang, Senen, dan Kemayoran," katanya.

Para pendatang ini, berdasarkan analisanya beberapa tahun sebelumnya, mereka ingin mencoba peruntungan mengais rezeki di Kota Jakarta.

"Biasanya setelah libur lebaran memang banyak pendatang baru. Ada saja keluarga yang pulang kampung lalu mengajak keluarganya ke Jakarta untuk mencari pekerjaan," katanya.

Halaman
123
Penulis: Joko Supriyanto
Editor: Agus Himawan
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved