Berita Video

VIDEO: Pabrik Sabu Rumahan di Kalideres Diungkap, Punya Peralatan Modern untuk Buat Narkoba

"Ini merupakan pengembangan pabrik sabu yang kami ungkap. Dimana pelaku ini belajar dengan PC yang sudah tertangkap sebelumnya

VIDEO: Pabrik Sabu Rumahan di Kalideres Diungkap, Punya Peralatan Modern untuk Buat Narkoba
Warta Kota
petugas Sat Narkoba Polres Metro Jakarta Barat menunjukan barang bukti sabu hasil pengungkapan pabrik sabu rumahan di Kalideres. 

Satuan Narkoba Polres Metro Jakarta Barat mengungkap home industri sabu di perumahan Citra 2, Pegadungan, Kalideres, Jakarta Barat. Dari hasil pengungkapan itu ditemukan barang bukti sabu hingga peralatan moderen pembuat sabu.

Lokasi home industri sabu yang digerebek Polres Metro Jakarta Barat ini berada di sebuah komplek rumahan No. 10 yang bangunan rumah itu terdiri tiga lantai. Pelaku yang bernama Magendar Wanto, melakukan aktivitas pembuatan sabu di lantai 3 rumahnya.

Di lantai tiga tersebut ada tiga ruangan yang digunakan pelaku, yaitu ruangan pengestrak bahan sabu Epidrine, gudang pembuatan sabu yang berukuran 3x1 meter, dan ruangan 3x3 meter yang digunakan untuk penyulingan sabu yang dilengkapi dengan peratalan moderen.

Sedangkan untuk lantai dua rumah pelaku hanya digunakan sebagai ruang kamar tidur pemilik rumah, untuk lantai 1 rumah pelaku digunakan sebagai rumah tamu.

Pelaku juga memasang CCTV yang dapat terhubung langsung melalui monitor di ruangan lantai 3.

Kasat Narkoba, AKBP Erik Frendriz mengatakan pengungkapan pengrebekan home industri di Kalideres ini merupakan pengembangan atas pengungkapan pabrik sabu di Cipondoh Tanggerang 2018 silam. Dimana Magendar Wanto pelaku, belajar membuat sabu dari PC pemilik sabu di Cipondoh.

"Ini merupakan pengembangan pabrik sabu yang kami ungkap. Dimana pelaku ini belajar dengan PC yang sudah tertangkap sebelumnya terkait kasus yang sama di Cipondoh. Jadi pelaku ini muridnya," kata Erik Frendriz, Senin (24/6/2019).

VIDEO: Karyawan dan Pemilik Gudang Elektronik di Bekasi Disekap Perampok

VIDEO: Update ppdb.jakarta.go.id Orangtua Murid Datangi SMAN 55 Sejak Dini Hari

VIDEO: Update PPDB DKI Jakarta, Orangtua Datang Pagi-pagi ke SMPN 95 Tanjung Priok

Jika dilihat fasilitas yang ada, home industri sabu di Kalideres ini cenderung lebih moderen dan rapi karena juga dilengkapi alat-alat penyulingan sabu yang cukup banyak meski pun ruangan yang digunakan sempit. Bahkan barang bukti yang didapat pun jauh lebih banyak.

Dari keterangan polisi, pelaku dapat menghasilkan sebanyak 300-500 gram sabu selama dua hari untuk sekali produksi. Hanya saja saat dilakukan pengrebekan diamankan sebanyak 1 kilogram sabu siap edar yang sudah terbungkus dalam klip plastik sabu.

"Sabu bentuk sudah jadi itu ada 1 kilogram lebih siap edar yang ditemukan, ada juga barang setengah jadi masih cairan, serta bahan baku prekusor, epidrine, alkohol, aseton. Saat kami tangkap pelaku tengah memasak atau membuat sabu," katanya.

Meski peralatan yang digunakan cukup lengkap, pihak kepolisian masih menyelidiki kandungan kualitas dari sabu yang dihasilkan pelaku ini. Berdasarkan keterangan yang didapat jika pelaku sudah beroperasi membuat sabu sejak 1 tahun terakhir.

Sedangkan untuk bahan baku yang didapat, para pelaku mendapatkannya melalui situ online, meskipun ada beberapa bahan yang dijual bebas di pasaran, sedangkan yang tidak dijual bebas mereka mendapatkannya melalui situ online.

"Ketika mereka berhssil memproduksi akan diedarkan di pasaran wilayah sekitar Jakarta yang mana pelaku menjual sabu ini seharga Rp. 700 ribu per-gram. Untuk kandungannya kualitas bagus hampir sama yang ditemukan di Cipondoh, tapi kita selidiki lagi berdasarkan hasil lab," ucapnya.

Atas perbuatannya, tersangka dikenakan pasal 113 ayat (1) subsider pasal 114 ayat (2) lebih subsider pasal 112 (2) UURI Nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika dengan ancaman pidana penjara maksimal hukuman mati. (JOS)

Penulis: Joko Supriyanto
Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved