Kuota Hanya 1.395, PPDB SMP Negeri di Depok Diincar 4.692 Siswa Keluarga Miskin

Ada 16 kategori yang harus dipenuhi siswa miskin. Dalam 16 kategori itu antara lain memuat luas rumah minimal sampai penghasilan orang tua perbulan

Kuota Hanya 1.395, PPDB SMP Negeri di Depok Diincar 4.692 Siswa Keluarga Miskin
Warta Kota/Gopis Simatupang
Kepala Seksi Kurikulum dan Penilaian SD Dinas Pendidikan Kota Depok, Suhyana, di Balai Kota Depok, Senin (24/6/2019). (Warta Kota/Gopis Simatupang) 

Sebanyak 26 SMPN di Kota Depok menyiapkan total 6.976 kursi untuk para siswa lulusan sekolah dasar (SD) dalam program Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jenjang sekolah menengah pertama negeri (SMPN) tahun 2019,

Dengan PPDB sistem zonasi, pemerintah telah menetapkan kuota kursi untuk sejumlah jalur yang dapat ditempuh calon siswa yang mendaftar masuk ke SMPN.

Jalur-jalur zonasi itu antara lain, jalur Zonasi Reguler 50 persen, Keluarga Ekonomi Tidak Mampu (KETM) 20 persen, Inklusi 5 persen, Luar Kota 3 persen, Anak PTK (guru) 5 persen, Prestasi Lokal: Akademik, 2 persen dan Non Akademik, 5 persen.

Selain itu ada juga jalur non zonasi, yakni jalur Prestasi 5 persen serta jalur Perpindahan Orang Tua 5 persen.

Sementara itu, berdasarkan data Dinas Pendidikan Kota Depok, tahun ini ada 1.656 siswa miskin yang lulus SD dan akan melanjutkan pendidikan ke jenjang SMP.

Angka itu belum ditambah dengan 3.036 siswa SD tidak mampu pemegang Kartu Indonesia Pintar (KIP) asal Depok, berdasarkan Basis Data Terpadu Dinas Sosial dan Kementerian Sosial RI, yang juga lulus SD.

Penyanyi Psy Diperiksa Polisi Terkait Kasus Layanan Prostitusi

Stray Kids Rilis Single Baru Side Effect

Kang Daniel Siap untuk Debut Solo Karir

Bila dijumlahkan, terdapat 4.692 siswa miskin yang akan lanjut menuntut ilmu di jenjang SMP.

Di sisi lain, dengan daya tampung 6.976 kursi SMP negeri se-Depok, terdapat kuota 20 persen siswa miskin di angka 1.395 kursi.

Itu artinya sebanyak 3.297 siswa miskin lulusan SD lainnya harus menggunakan jalur lain bila ingin diterima di SMPN, atau terpaksa melanjutkan sekolah di SMP swasta.

Kepala Seksi Kurikulum dan Penilaian SD Dinas Pendidikan Kota Depok, Suhyana mengatakan, pada PPDB tahun ini seluruh SMPN di Depok menyiapkan kuota 20 persen kursi bagi siswa yang mendaftar melalui jalur KETM.

Halaman
12
Penulis: Gopis Simatupang
Editor: Dewi Pratiwi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved