Berita Daerah

Embun Es Mirip Salju di Dieng Akan Berakhir Beberapa Bulan Lagi, Ayo Buruan Kesana

Kemunculan embun yang membeku di kawasan dataran tinggi Dieng, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, diperkirakan terjadi hingga beberapa bulan ke depa

KEPALA Unit Pengelola Teknis (UPT) Pengelolaan Obyek Wisata Banjarnegara Aryadi Darwanto mengatakan, embun es atau yang biasa disebut masyarakat lokal bun upas itu diperkirakan akan muncul hingga September atau Oktober.

"Fenomena kemunculan embun es ini kemungkinan akan terjadi hingga September-Oktober, puncaknya kemungkinan Agustus,"  kata Aryadi saat dihubungi wartawan Minggu (23/6/2019).

Menurut Aryadi, fenomena embun es ini kemungkinan muncul bertepatan dengan Dieng Culture Festival (DCF) yang akan digelar Agustus mendatang.

Begini Kehidupan Lina Usai Cerai dari Komedian Sule

Akui Tidak Ada Bukti, Aktor Steve Emmanuel Bantah Kokain 92,04 Gram sebagai Miliknya

Penyelundupan Sabu 15 kilogram, Jaringan Pontianak - Jakarta Diungkap Polres Jakarta Utara

"Pada saat event DCF kemungkinan muncul lagi (embun es). Tahun lalu pada saat even DCF juga muncul, tahun ini juga kemungkinan akan muncul lagi," ujar Aryadi.

Seperti diketahui, embun es kerap muncul di dataran tinggi Dieng pada saat musim kemarau. Pada saat musim kemarau suhu udara di kawasan tersebut biasanya di bawah 0 derajat celsius.

Fenomena embun es disebut dengan frost, yaitu uap air yang membeku. Hal itu disebabkan molekul udara di daerah pegunungan lebih renggang dari pada dataran rendah, sehingga sangat cepat mengalami pendinginan, khususnya pada saat cuaca cerah tidak tertutup awan atau hujan.

Waktu yang Tepat

Sementara itu, ratusan wisatawan pun terlihat memadati kompleks cagar budaya warisan kerajaan Hindu itu, Senin (24/6/2019) pukul 08.00.

Petugas loket yang baru memulai kerja akhirnya disibukkan dengan pelayanan tiket masuk pengunjung.

Sebagian masyarakat memanfaatkannya untuk mengunjungi tempat wisata, tak kecuali Dieng.

Halaman
1234
Penulis: Muhamad Rusdi
Editor: Theo Yonathan Simon Laturiuw
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved