Breaking News:

Berita Video

VIDEO: Padatnya MRT Saat HUT Jakarta

Kepadatan paling parah terjadi pada antrean gate keluar, di mana panjang antrean mencapai kurang lebih 50 meter.

Editor: Ahmad Sabran
Wartakotalive.com/Angga Bhagya Nugraha
Warga antre memadati Stasiun MRT di Kawasan Bundaran HI 

Stasiun MRT Bundaran HI, Jakarta Pusat, sesak oleh warga yang ingin turut meramaikan acara puncak perayaan hari ulang tahun ke-492 Jakarta yang dihelat di Bundaran HI, Sabtu (22/6/2019).

Berdasarkan pantauan Kompas.com pada pukul 19.30 WIB, penumpang MRT tampak hampir memenuhi segala sisi stasiun.

Kepadatan paling parah terjadi pada antrean gate keluar, di mana panjang antrean mencapai kurang lebih 50 meter.

Salah satu penumpang, Evan (24) mengaku telah menanti selama 10 menit untuk keluar gate, tetapi ia masih terjebak di tengah barisan.

VIDEO: Pertunjukan Water Screen di Bundaran HI Saat Ulang Tahun Jakarta

VIDEO: Car Free Day Usai HUT Jakarta, Warga di Sudirman Thamrin Membeludak

VIDEO: Aksi Bersih Ciliwung Bersama Pelajar dan Kementerian LHK

"Kejebak iniiii, ada 10 menit lebih kita ngantre tapi masih di sini saja gimana ini coba, di luar ramainya kayak apa ini buset?" kata Evan yang datang bersama tiga orang temannya.

"Habis mau naik busway kan enggak ada busway. Naik motor juga kejauhan, sekalian mau coba MRT," kata Abdurrizky, kawan Evan.

Mereka datang dari Kebayoran Lama. "Pas di kereta juga padat banget apalagi pas sudah tinggal berapa stasiun dari (Bundaran) HI.

Untung tadi ngantrenya enggak terlalu lama banget soalnya pake e-money," imbuhnya.

Antrean pembelian karcis juga tampak mengular di Stasiun Bundaran HI. Membeludaknya penumpang yang keluar gerbang antrean dan yang mengantre karcis seakan berbaur jadi satu. Keadaan ini tampak serupa ketika MRT masih beroperasi dalam tahap uji coba.

Beruntung, pendingin ruangan stasiun berfungsi dengan baik, sehingga suasana tidak semakin sumpek.

PT MRT Jakarta sendiri tidak menambah jumlah kereta yang beroperasi pada Sabtu (22/6/2019), bertepatan dengan hari ulang tahun ke-492 Jakarta.

"Tidak ada (perubahan operasi), beroperasi normal seperti biasa. Headway (selang waktu kedatangan kereta) tetap 10 menit, tidak ada penambahan armada. Semua masih normal," ucap Corporate Secretary PT MRT Jakarta Muhamad Kamaluddin kepada Kompas.com, Sabtu pagi.

Menanggapi kemungkinan membeludaknya penumpang yang datang ke Bundaran HI menggunakan MRT, ia menyebut bahwa jumlah armada yang ada masih mencukupi.

Tantangannya, menurut Kamaluddin, berada pada pengaturan arus keluar-masuk penumpang di stasiun. Pihaknya pun bakal menerjunkan 16 orang staf tambahan di tiga stasiun yang diperkirakan jadi simpul keramaian.

"Tinggal bagaimana mengatur flow penumpang keluar-masuk stasiun, karena estimasi kami kereta masih cukup," ujar Kamaluddin.

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved