HUT Kota Jakarta

Setu Babakan Hadirkan Pameran Kuliner Betawi Tempo Doeloe pada HUT DKI

Pengelola Perkampungan Budaya Betawi (PBB) Setu Babakan ini menggelar sejumlah kegiatan menarik dalam rangka perayaan Hari Ulang Tahun DKI Jakarta.

Setu Babakan Hadirkan Pameran Kuliner Betawi Tempo Doeloe pada HUT DKI
Warta Kota/Feryanto Hadi
Warga memeriahkan Pesta Lebaran Betawi bertajuk 'Lebaran Betawi ke-11', di Perkampungan Budaya Betawi (PBB) Setu Babakan, Jagakarsa, Jakarta Selatan, Minggu (29/7/2018). 

Pengelola Perkampungan Budaya Betawi (PBB) Setu Babakan ini menggelar sejumlah kegiatan menarik dalam rangka perayaan Hari Ulang Tahun DKI Jakarta.

Pada Minggu 23 Juni mendatang, di kawasan wisata ini akan digelar pameran kuliner Betawi Tempo Doeloe, mulai pukul 09.00 hingga selesai.

Kepala PBB Setu Babakan, Rofiqoh Mustafa, kepada Warta Kota memastikan pengunjung akan mendapatkan pengalaman berbeda pada gelaran itu. Menurutnya, akan pameran kulinet tersebut akan menyajikan berbagai makanan, minuman dan buah khas betawi.

"Pada pameran kuliner itu akan menyajikan makanan dan minuman khas betawi yang memang sudah langka seperti sayur besan, bubur jali dan gabus pucung," kata Rofiqoh pada Jumat (21/6).

Pada kegiatan yang dipusatkan di Zona A kawasan PBB Setu Babakan, kata Rafiqoh, akan menampilkan produk dari PKK, deskranada DKI dan masyarakat setempat.

"Pameran kuliner itu nantinya akan dibuka langsung oleh Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi DKI Jakarta Jbu Fery Farhati Ganis, istri Anies Baswedan," ungkapnya.

Adapun pameran ini akan diikuti sebanyak 50 stand pegiat kuliner betawi dan akan dimeriahkan juga dengan adanya lomba memasak dan sejumlah workshop kuliner betawi semisal pembuatan dodol betawi, kembang goyang, kerak telor, bir pletok selendang mayang dan berbagai kuliner lain.

Juga ada workshop pembuatan batik betawi dan ondel-ondel mini.

"Di museum Betawi di Zona A, masyarakat juga bisa melihat pameran ilustrasi kuliner betawi tempo dulu yang akan memberikan kisi-kisi lain informasi dan gambaran kuliner betawi dalam bentuk deskripsi dan grafis," ungkapnya.

Selain pameran kuliner, ada juga pentas kesenian lain seperti pentas Tari Topeng, pentas musik Gambang Kromong dan pentas Komedi Betawi yang merupakan agenda reguler setiap akhir pekan mulai hari ini.

Khusus pentas Komedi Betawi, menurut dia sangat unik karena hanya akan berlangsung sebulan dua kali yaitu pada hari Sabtu, 22 Juni dan 29 Juni.

Penulis: Feryanto Hadi
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved