HUT DKI Jakarta

Resmikan Mural Terowongan Kendal, Anies Janji Lebih Banyak Prasarana Dukung Pejalan Kaki

Lukisan dinding itu juga menggambarkan kebijakan Pemprov DKI Jakarta yang berdampak pada perilaku warganya untuk lebih semangat berjalan kaki.

Resmikan Mural Terowongan Kendal, Anies Janji Lebih Banyak Prasarana Dukung Pejalan Kaki
Warta Kota/Anggie Lianda Putri
Gubenur DKI Anies Baswedan menambahkan ornamen pada mural di Terowongan Kendal, Jakarta Pusat yang dibuat oleh para mahasiswa jurusan Desain Komunikasi Visual Universitas Paramadina, Jumat (21/6/2019). ) 

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan mural hasil karya para mahasiswa Desain Komunikasi Visual (DKV) dan Himpunan Mahasiswa Rukapala Universitas Paramadina di Terowongan Kendal, Jakarta Pusat. 

Lukisan mural yang dibuat sejak 17 Juni 2019 itu bertema ulang tahun ke-492 Jakarta yang dirayakan pada 22 Juni besok.

Pada kesempatan itu, Anies mengatakan bahwa karya ini merupakan refleksi dan contoh transformasi wajah Jakarta.

Tak hanya secara fisik berupa lukisan, goresan cat pada  lukisan dinding itu juga menggambarkan kebijakan Pemprov DKI Jakarta yang berdampak pada perilaku warganya untuk semangat berjalan kaki.

Rayakan HUT Jakarta, Pemprov DKI Gandeng Mahasiswa Hias Terowongan Kendal

Terowongan Jalan Kendal Kini Dihiasi Mural Cantik Jelang HUT Ke-492 Jakarta, Ini Sambutan Warga

"Program ini mengirimkan pesan perubahan wajah Jakarta, mengubah paradigma pelebaran jalan untuk roda menjadi untuk pejalan kaki. Kita ingin lebih banyak lagi pembangunan yang memprioritaskan pejalan kaki," ujar Anies di lokasi, Jumat (21/6/2019).

Melalui mural yang dilukis dengan beragam warna tersebut, Anies berharap bisa memberikan pengalaman baru bagi para pejalan kaki yang melewati terowongan.

Tak hanya sekadar melewati terowongan, para pejalan kaki yang melintas di kawasan padat tersebut dapat sembari menikmati fasilitas artistik yang memanjakan mata.

"Kita ingin lebih banyak lagi program seperti ini karena saat kita berjalan kaki, kita berinteraksi dan berefleksi, dari rumah ke kantor bukan hanya perjalanan, tapi juga pengalaman, kita ingin kawasan ini memfasilitasi pengalaman baru untuk warga, kami ingin warga berhenti sejenak menikmati seni atau berswafoto dengan mural-mural artistik ini," kata Anies.

Dia berjanji program kreatif seperti itu akan banyak diterapkan dalam kebijakan Pemprov DKI ke depan untuk menghadirkan Wajah Baru Jakarta. 

Uji Coba Publik LRT Jakarta Diperpanjang, Calon Penumpang Tak Perlu Registrasi Online

VIDEO : Skybridge Antara Stasiun LRT Jakarta Velodrome dan Halte Busway Segera Beroparasi

Prasarana Strategis

Terowongan Kendal menjadi prasarana penghubung bagi pengguna kereta komuter di Stasiun Sudirman

Semula, terowongan itu dilalui oleh kendaraan bermotor, namun kemudian dialihfungsikan sebagai pedestrian pada 26 Maret lalu.

Terowongan ini menjadi bagian dari penataan kawasan Dukuh Atas yang merupakan kawasan berorientasi transit atau Transit Oriented Development (TOD).

Jalur pedestrian ini berada pada lokasi strategis bagi pengguna angkutan umum karena berdekatan dengan stasiun kereta komuter Stasiun Sudirman, stasiun kereta bandara Stasiun BNI City, dan Stasiun MRT Dukuh Atas.

Penulis: Anggie Lianda Putri
Editor: Ika Chandra Viyatakarti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved