Berita Video

VIDEO: PKL Ikan Hias Jatinegara Mengaku Senang Dipindah ke Lokasi Baru

"Lebih enak, nyaman, lebih aman, parkiran juga lebih bebas jadi orang yang beli lebih aman juga.

VIDEO: PKL Ikan Hias Jatinegara Mengaku Senang Dipindah ke Lokasi Baru
Warta Kota/Joko Supriyanto
Kondisi PKL ikan hias di Jatinegara, 

Pedagang ikan hias Jatinegara dipindah ke Lapangan Urip Sumihardjo. Para pedagang menyambut baik relokasi itu karena dulunya terpaksa berjualan di trotoar.

Sejumlah pedagang yang ditemui Kompas.com pada Rabu (20/6/2019) menyatakan, mereka kini bisa berdagang dengan aman dan nyaman tanpa perlu khawatir adanya razia.

"Lebih enak, nyaman, lebih aman, parkiran juga lebih bebas jadi orang yang beli lebih aman juga. Kalau di pinggiran sana kan kadang ada Dishub, yang belanja juga takut. Belum lagi Satpol PP," kata Rudi, salah seorang pedagang.

Rudi menuturkan, dirinya kini lebih tenang lantaran ada jaminan bahwa para pedagang tidak akan ditertibkan. Pasalnya, dahulu para pedagang yang berjualan di trotoar harus kucing-kucingan dengan petugas Satpol PP.

Kesan serupa juga disampaikan oleh Yusuf, pedagang lain. Menurut Yusuf, lokasi berdagang barunya itu lebih luas sehingga ia tak sungkan mengeluarkan uang sewa lebih banyak.

"Beda sedikit cuma kalau di sana sempit
Enak di sini, lega, pokoknya beda saja, karena kalau di sana sempit ada pedagang kelinci sama ayam juga," ujar Yusuf.

Bendahara Komunitas Pedagang Ikan Hias Jatinegara Andi mengatakan, mayoritas pedagang merasa direlokasi ke sana karena lokasinya yang dekat dengan tempat mereka berdagang sebelumnya.

VIDEO: Aldi Maldini Buka Bisnis Fesyen Karena Terinspirasi Film yang Dibintanginya

VIDEO: Mobil Mewah Jeep Rubicon Terbalik Gara-gara Jambret di Jakarta Selatan

VIDEO: PPDB SMK di Bekasi, Begini Perjuangan Orangtua Murid

Ia menyebut, para pedagang menolak wacana relokasi ke Sentra Ikan Hias di Duren Sawit karena jaraknya yang jauh dan lokasi yang tidak strategis.

"Ya lebih sreg di sini karen fasilitasnya satu jalur, kalau kita di Duren Sawit dari nol lagi, kalau di sini kita kan satu jalur," kata Andi.

Diberitakan sebelumnya, para pedagang ikan hias yang tadinya berjualan di trotoar Jalan Matraman Raya, Jatinegara, kini sudah direlokasi ke Lapangan Jenderal Urip Sumihardjo yang terletak tak jauh dari lokasi lama.

Camat Jatinegara Asril Rizal menyatakan, relokasi para pedagang ikan hias merupakan bagian dari penataan kawasan Jatinegara supaya lebih tertib dan tertata.

(KOMPAS.com/Ardito Ramadhan)

Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved