Aksi Terorisme

Pengungsi Suriah di AS Ditangkap, Berencana Serang Gereja di North Side Atas Nama ISIS

BERENCANA menyerang gereja atas nama Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS), seorang pengungsi Suriah di Amerika Serikat (AS) ditangkap.

Pengungsi Suriah di AS Ditangkap, Berencana Serang Gereja di North Side Atas Nama ISIS
shutterstock.com
ILUSTRASI Teroris 

Alowemer dijerat dengan tuduhan menyediakan dukungan bagi organisasi teroris, dan dua dakwaan menyebarkan informasi soal senjata pemusnah massal.

BERENCANA menyerang gereja atas nama ISIS atau Negara Islam Irak dan Suriah, seorang pengungsi Suriah di Amerika Serikat (AS) ditangkap.

Nama pengungsi yang tiba di AS sejak Agustus 2016 itu adalah Mustafa Mousab Alowemer.

Alowemer merencanakan serangan terhadap gereja di North Side, dekat Pittsburgh, Pennsylvania.

Kabar itu disampaikan Wakil Jaksa Agung John Demers dan Jaksa Penuntut Federal Pittsburgh Scott Brady  dalam rilis resmi Rabu (19/6/2019).

Pengawal Pangeran MBS Sebut Jamal Khashoggi Hewan Kurban, Arab Saudi Berusaha Hancurkan Bukti

Pakar HAM PBB: Ada Bukti Putra Mahkota Arab Saudi MBS Terlibat Pembunuhan Jurnalis Jamal Khashoggi

Michael McGarrity, penyelidik dari divisi kontraterorisme FBI berujar, aksi yang dilakukan pemuda 21 tahun itu bisa melukai dan membunuh banyak orang.

"FBI merespon ancaman terhadap gereja dan tempat ibadah lainnya secara serius. Kami akan mengerahkan semua sumber daya untuk mencegah serangan teroris," tegas McGarrity.

Dalam dokumen pengadilan, Alowemer disebut menyerahkan dokumen berisi rencana jenis peledak yang dipakai kepada agen FBI yang menyamar sebagai simpatisan ISIS.

Agen yang menyamar itu kemudian berkontak dengan Alowemer melalui media sosial di mana Alowemer menyatakan dukungan terhadap ISIS.

Keduanya bertemu selama empat kali sejak April.

Dilansir AFP Kamis (20/6/2019), diyakini dia menuliskan 10 poin rencana dia sendiri yang berniat membawa bom dan meledakannya di kawasan gereja.

Dalam keterangan Kementerian Kehakiman, Alowemer berencana untuk bertemu dengan si agen FBI untuk terakhir kalinya sebelum dia melakukan aksinya pada Juli.

Organisasi teroris

Alowemer dijerat dengan tuduhan menyediakan dukungan bagi organisasi teroris, dan dua dakwaan menyebarkan informasi soal senjata pemusnah massal.

Kabar penangkapan itu terjadi sejak penembakan yang terjadi di sinagoge Pittsburgh Oktober 2018 yang menewaskan 11 orang, dan menjadi serangan mematikan terhadap Yahudi di AS. (Ardi Priyatno Utomo)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Berencana Serang Gereja, Pengungsi Suriah di AS Ditangkap"

Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved