Berita Video

VIDEO: Pencuri Minimarket Alfamart Tak Bisa Bicara, Polisi Gandeng Penerjemah Bahasa Isyarat

Penyidik Polres Metro Jakarta Timur sempat mengalami kesulitan melakukan interogasi lantaran keterbatasan yang dimiliki Adul.

VIDEO: Pencuri Minimarket Alfamart Tak Bisa Bicara, Polisi Gandeng Penerjemah Bahasa Isyarat
Warta Kota/Rangga Baskoro
Lokasi Adul merampok di minimarket di Jalan Cipinang Jaya, Cipinang Besar Selatan, Jatinegara, Jakarta Timur, Senin (18/6/2019). 

Pencuri yang tuna wicara bernama Adul (30) diringkus polisi saat ketahuan melakukan pencurian di sebuah mini market kawasan Jatinegara, Jakarta Timur, Senin (17/6) lalu.

Penyidik Polres Metro Jakarta Timur sempat mengalami kesulitan melakukan interogasi lantaran keterbatasan yang dimiliki Adul.

Oleh sebab itu, Penyidik Satreskrim Polres Jakarta Timur menggandeng tenaga ahli dari Universitas Negeri Jakarta (UNJ) dalam kasus pencurian disertai pemeberatan tersebut.

VIDEO: PPDB DKI, SMP 259 Jadi Sekolah Favorit Siswa Inklusi Jakarta Timur

Kasat Reskrim Polres Jakarta Timur AKBP Hery Purnomo mengatakan tenaga ahli diperlukan karena tersangka, Adul (30) merupakan seorang tuna wicara sehingga tak bisa memberi keterangan secara lisan.

"Jadi metodenya yang bersangkutan menjawab ke ahli dengan bahasa isyarat kemudian ahli akan menerjemahkan disampaikan pada penyidik," kata Hery di Mapolres Jakarta Timur, Rabu (19/6).

VIDEO: Rusak Parah, Begini Kondisi Sekolah Dasar Rawa Buntu 03 Serpong Tangerang Selatan

Dari hasil pemeriksaan yang dilakukan, Adul berupaya membobol brankas Alfamart dengan cara berpura-pura jadi pembeli dan hendak ke kamar mandi.

Namun setelah diarahkan pegawai ke bagian belakang toko, Adul justru menyatroni ruang penyimpanan brankas dan berusaha membobol menggunakan gunting.

VIDEO: Rencana Koruptor Dipenjara di Pulau Terpencil, Fadli Zon Tidak Setuju

"Pelaku masuk ke dalam ruang penyimpanan yang di situ ada brangkasnya dan dengan menggunakan gunting yang bersangkutan mencongkel brangkas," ujarnya.

Aksinya berhasil digagalkan pegawai karena terdapat kamera CCTV yang hasil rekamannya dapat dilihat secara langsung oleh kasir toko Alfamart.

Meski penyandang disabilitas, pasal yang dikenakan penyidik kepada Adul tak berbeda, yakni pasal 363 KUHP tentang pencurian disertai pemeberatan.

"Pengakuannya baru pertama kali beraksi. Barang bukti yang diamankan uang sebesar Rp 2,3 juta dan gunting. Tersangka dikenakan pasal 363 KUHP," tuturnya.

Sebelum mendekam di sel tahanan Mapolres Jakarta Timur, Adul sendiri sempat diamuk massa karena pegawai toko berteriak meminta tolong.

Beruntung dia berhasil diamankan ke dalam toko sehingga tak sampai luka parah dan akhirnya digelandang Tim Rajawali Polres Jakarta Timur sekira pukul 22.00 WIB. (abs)

Penulis: Rangga Baskoro
Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved