Berita Video

VIDEO: Maling di Alfamart Tuna Wicara, Polisi Gunakan Jasa Ahli Bahasa Isyarat

"Jadi, pelakunya pada saat kita amankan yang bersangkutan tidak bisa bicara, tunawicara," mata Hery di Mapolres Metro Jakarta Timur, Rabu (19/6/2019).

VIDEO: Maling di Alfamart Tuna Wicara, Polisi Gunakan Jasa Ahli Bahasa Isyarat
Kompas.com
Maling di Alfamart Tidak Bisa Bicara 

Polisi telah menangkap seorang pria pelaku pencurian uang tunai di gerai Alfamart, Jalan Cipinang Jaya, Jakarta Timur, Senin (17/6/2019) lalu.

Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Timur AKBP Hery Purnomo mengatakan, pelaku bernama Adul itu merupakan seorang tunawicara alias tidak dapat berbicara.

"Jadi, pelakunya pada saat kita amankan yang bersangkutan tidak bisa bicara, tunawicara," mata Hery di Mapolres Metro Jakarta Timur, Rabu (19/6/2019).

VIDEO: Rusak Parah, Begini Kondisi Sekolah Dasar Rawa Buntu 03 Serpong Tangerang Selatan

Polisi pun mempunyai metode pemeriksaan yang berbeda terhadap Adul. Hery mengatakan, pihaknya menggandeng ahli dari Universitas Negeri Jakarta untuk mengatasi kendala komunikasi.

"Kita menanyakan kepada ahli, ahli nanti yang menyampaikan pada yang bersangkutan. Jadi metodenya yang bersangkutan menjawab ke ahli dengan bahasa isyarat kemudian ahli akan menerjemahkan disampaikan pada penyidik," ujar Hery.

VIDEO: Stadion Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian Bisa Dipakai Tanding Musim Kedua Liga 1 2019

Hery menegaskan, pasal yang dikenakan kepada Adul tidak berbeda dengan pelaku kejahatan serupa lainnya meski menyandang tunawicara yaitu Pasal 365 KUHP.

VIDEO: Semangatnya Peserta PPDB Jalur Penghafal Al Quran di Bekasi

Adapun aksi pencurian itu dilakukan Adul seorang diri dengan modus berpura-pura pergi ke toilet. Aksi Adul itu dipergoki karyawan yang melihat Adul membongkar brangkas lewat rekaman CCTV.

"Pelaku masuk ke dalam ruang penyimpanan yang di situ ada brangkasnya dan dengan menggunakan gunting yang bersangkutan mencongkel brangkas," kata Hery.

Uang yang dapat diambil Adul berjumlah Rp 2.333.300 yang kemudian ia simpan dalam ransel biru yang ia bawa. Namun, ia tak sempat kabur dan akhirnya diamankan polisi.

(KOMPAS.com/Ardito Ramadhan)

Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved