Mural

Tidak Seram Lagi, Kolong Tol Mabes Kini Berwarna Warni

Penuh coretan dan terlihat kumuh, kolong Tol Cikunir yang terletak di Jalan Setu Raya, Cipayung, Jakarta Timur kini terlihat berwarna.

Penulis: | Editor: Andy Pribadi
Wartakotalive.com/Dwi Rizki
Petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) Kelurahan Setu tengah melukis mural di kolong Tol Cikunir yang terletak di Jalan Setu Raya, Cipayung, Jakarta Timur pada Rabu (19/6/2019). 

CIPAYUNG, WARTAKOTALIVE.COM -- Penuh coretan dan terlihat kumuh, kolong Tol Cikunir yang terletak di Jalan Setu Raya, Cipayung, Jakarta Timur kini terlihat berwarna.

Kolong tol yang merupakan akses utama menuju Markas Besar (TNI) Angkatan Darat itu dihiasi mural berwarna warni bertema Jakarta.

Rosyid, petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) Kelurahan Setu menyebutkan dirinya bersama enam orang rekannya tengah menyelesaikan pembuatan mural sepanjang 80 meter dengan tinggi dua meter itu.

Petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) Kelurahan Setu tengah melukis mural di kolong Tol Cikunir yang terletak di Jalan Setu Raya, Cipayung, Jakarta Timur pada Rabu (19/6/2019).
Petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) Kelurahan Setu tengah melukis mural di kolong Tol Cikunir yang terletak di Jalan Setu Raya, Cipayung, Jakarta Timur pada Rabu (19/6/2019). (Wartakotalive.com/Dwi Rizki)

Awalnya, tembok kolong tol yang dipenuhi coretan anak-anak itu dilapisinya dengan warna dasar.

Selanjutnya, dirinya menggambar sketsa sebelum akhirnya membubuhkan cat berwarna warni untuk menyempurnakan lukisan.

"Awalnya ini memang mural Asian Games 2018, tapi banyak anak-anak iseng yang corat-coret nggak jelas, jadinya bikin kumuh. Nah kita tiban (tutup) dulu pakai warna dasar supaya rapih sebelum kita mulai gambar," ungkapnya ditemui di lokasi pada Rabu (19/6/2019).

Sesuai rencana, pihaknya akan melukis sebanyak 40 mural di seluruh permukaan dinding kolong tol.

Mural yang buat katanya tidak hanya bertema Hari Ulang Tahun (HUT) DKI Jakarta semata, tetapi juga bertema Hari Kemerdekaan Republik Indonesia.

Mural khusus HUT DKI Jakarta disebutkannya berupa ondel-ondel, kereta cepat Mass Rapid Transit atau Moda Raya Terpadu (MRT), Monumen Nasional (Monas) dan lainnya.

Sedangkan, mural khusus HUT RI berupa bendera merah putih, Garuda Pancasila dan diorama perang kemerdekaan.

"Masih ada tiga hari lagi waktunya, sampai tanggal 22 harus sudah selesai semua. Insya Allah bisa selesai, jadi bisa cakep kolong tol ini nantinya," jelasnya.

Pembuatan mural tersebut diungkapkan Lurah Setu, Jenuri dilakukan dalam menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) DKI Jakarta ke 492.

Terkait hal tersebut, Kelurahan Setu, katanya melakukan banyak kegiatan, di antaranya pembuatan mural, pengecatan trotoar dan pembatas jalan serta penataan kantor kelurahan.

"Jadi banyak yang kita lakukan, tapi yang paling bagus ini mural. Karena kita mau kolong tol ini yang semula kumuh jadi indah, nggak ada kesan gelap lagi nantinya. Jadi kalau orang lewat juga nggak ada rasa was-was, mereka malah senang," ungkapnya ditemui di lokasi pada Rabu (19/6/2019).

"Saya jamin pasti banyak yang foto-foto di sini karena nantinya gambar interaktif, karena sebagian gambar dibuat tiga dimensi," tambahnya. (dwi)

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved