Selesai Dibangun Sejak Tahun Lalu, Rusunawa Pengadegan Belum Dihuni

Lahan yang digunakan dulunya bekas Sekolah Dasar Negeri 09 Pengadegan. Kini, rusunawa itu masih kosong dan dijaga oleh sejumlah security.

Selesai Dibangun Sejak Tahun Lalu, Rusunawa Pengadegan Belum Dihuni
Istimewa
Pembangunan rumah susun (rusun) di kawasan Pengadegan, Jakarta Selatan, sudah rampung. 

Hingga saat ini belum ada kejelasan kapan rumah susun sewa (rusunawa) di kawasan Pengadegan, Jakarta Selatan akan mulai ditempati. Padahal, pembangunan rusunawa itu telah selesai sejak tahun lalu.

Warga pun terus mempertanyakan tidak adanya kabar beroperasinya rusunawa yang dibangun untuk relokasi warga Pengadegan yang tinggal di bantaran Sungai Ciliwung maupun untuk warga DKI secara umum yang memenuhi persyaratan.

VIDEO: Rusak Parah, Begini Kondisi Sekolah Dasar Rawa Buntu 03 Serpong Tangerang Selatan

"Belum ada kabar. Sampai saat ini saya belum tahu. Saya tidak tahu dan tidak punya kewenangan. Itu semua kewenangan Rusun Jatinegara Barat sebagai pengelola. Kita hanya pendataan warga di Kali Ciliwung," begitu kata Lurah Pengadegan, Azhari, ketika dikonfirmasi Warta Kota pada Rabu (19/6/2019).

Azhari mengaku belum mendapatkan informasi lanjutan kapan proses penempatan warga di rusunawa itu akan mulai dilakukan.

Bahkan, kata dia, proses verifikasi bagi warga yang terdata sampai saat ini belum dilakukan, termasuk sosialisasi lanjutan.

VIDEO: Pedagang Kerak Telor di Kemayoran ini Bukan orang Betawi, Tapi Asgar

"Nanti kan ada dua jenis penghuni, yakni yang terprogram dan umum. Nah, yang umum itu yang mengatur dari Pengelola Rusun Jatinegara Barat.

Sedangkan untuk yang terprogram adalah warga Pengadegan yang tempat tinggalnya terimbas normalisasi Ciliwung. Itu juga nanti akan didata lagi atau diverifikasi," sebut Azhari.

"Untuk yang terprogram kita belum bisa berbuat apa-apa. Kemarin saja baru dilakukan pengukuran trase dari tata kota. Nanti diverifikasi lagi.

VIDEO: Ini Alasan Menteri Kesehatan Minta Blokir Iklan Rokok

Saat ini masih nunggu dari instansi terkait, yakni Rusun Jatinegara Barat, Dinas Perumahan dan Dinas Sumber Daya Air," katanya.

Gedung bangunan dengan 16 lantai dan satu tower sudah berdiri di tengah-tengah perkampungan, persisnya di depan Kantor Kelurahan Pengadegan.

Halaman
12
Penulis: Feryanto Hadi
Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved