Kemenhub : Angka Kecelakaan Transportasi Mudik dan Arus Balik Lebaran Turun 65 Persen

Karena itu pihaknya terus berupaya untuk meningkatan pelayanan mudik dan memperbaiki kualitas moda transportasi angkutan umum ini.

Kemenhub : Angka Kecelakaan Transportasi Mudik dan Arus Balik Lebaran Turun 65 Persen
warta kota/nur ichsan
Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub, Budi Setiyadi (tengah), bersama Dirjen Perkeretaapian Kemenhub, Zulfikri (paling kanan), pada acara Diskusi Publik Bertema Evaluasi Mudik dan Arus Balik Lebaran yang digelar FMB9, Rabu (19/6/2019) di Jakarta. 

WARTA KOTa, GAMBIR  -------  Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub), menyatakan bahwa apa yang telah dilakukan oleh pemerintah dalam pelaksanaan mudik dan arus balik lebaran 2019 telah berjalan dengan baik, bahkan dari hasil survei yang dilakukan Kemenhub dikatakan bahwa penanganan arus mudik dan arus balik tahun ini telah berjalan dengan baik melebihi dari tahun sebelumnya dengan angka kecelakaan yang turun drastis hingga 50 persen.

Dirjen Perhubungan Darat, Budi Setiyadi dalam Diskusi Media Forum Merdeka Barat (FMB) 9 bertajuk "Evaluasi Mudik 2019", bertempat di Ruang Rapat Utama, Gedung Bina Graha, Kantor Staf Presiden, Jakarta, Rabu (19/6/2019), mengatakan bahwa tingkat kecelakaan pada masa angkutan Lebaran kali ini turun hingga 65 persen dengan total 550 kejadian dari 1.593 kecelakaan, dengan jumlah korban jiwa menunjukan mengalami penurunan 63 persen.

"Semua ini bisa berjalan lebih baik dari sebelumnya adalah berkaty adanya kerjasama denagn sejumlah pihak, semuanya kami koordinasikan dan berjalan sangat baik", kata Budi.

Budi menambahkan bahwa pada pelaksanaan arus mudik dan balik lebaran ini ada peningkatan jumlah pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi.

"Pada tahun ini tol di Jawa sudah tersambung, dan di luar Jawa, juga sudah dilayano oleh tol Bakauheni hingga Terbanggi Besar, banyak warga yang memilih jalur darat karena tertarik ingin mencoba jalan tol dari Jakarta yang sudah tersambung hingga Jawa Timur", tambah Budi Setiyadi.

Dari hasil survei, Budi juga menyatakan bahwa pelaksanaan arus mudik dan arus balik yang berjalan dengan baik ini justeru banyak mendapat apresiasi dari berbagai kalangan di masyarakat.

Karena itu pihaknya terus berupaya untuk meningkatan pelayanan mudik dan memperbaiki kualitas moda transportasi angkutan umum ini.

"Saat ini kualitas angkutan massal seperti bus akan terus ditingkatkan apalagi sekarang sudah ada 38 bus yang nonstop melayani rute trans Jawa dari Jakarta - Surabaya lewat tol dan ternyata banyak peminatnya", ucap Budi.

Seperti diketahui, sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi merasa perlu menekankan pentingnya keselamatan pada moda transportasi.

“Satu hal yang saya rasa paling mendasar adalah keselamatan, saya bersyukur alhamdulillah saat ini terjadi penurunan angka kecelakaan secara signifkan lebih dari 70 persen”, urai Menhub Budi Karya

Penulis: Nur Ichsan
Editor: M Nur Ichsan Arief
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved