Pemilu 2019

Ajak Tidak Coblos Caleg dari Partai Gerindra Steven Abraham, Bupati Merauke Divonis 4 Bulan Penjara

Ajak Tidak Coblos Caleg dari Partai Gerindra Steven Abraham, Bupati Merauke Divonis 4 Bulan Penjara oleh Hakim Pengadilan Negeri Merauke

Ajak Tidak Coblos Caleg dari Partai Gerindra Steven Abraham, Bupati Merauke Divonis 4 Bulan Penjara
Istimewa
Suasana pembacaan putusan kasus tindak pidana Pemilu dengan Bupati Merauke, Frederikus Gebze sebagai terdakwa di Pengadilan Negeri Meerauke, Papua (19/06/2019). 

TERBUKTI mengajak umum untuk tidak mencoblos caleg dari Partai Gerindra Steven Abraham, Bupati Merauke Frederikus Gebze divonis 4 bulan penjara.

Bupati Frederikus Gebze yang jadi terdakwa kampanya hitam pada Pemilu 2019.

"Menyatakan terdakwa terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana dalam masa kampanye dan menjatuhkan pidana dengan penjara empat bulan dan denda 10 juta rupiah dengan ketentuan apabila tidak dibayar diganti kurungan 17 hari," ucap Ketua Majelis Hakim Pengadilan Negeri Merauke, Opna Martina, di Merauke, Rabu (19/06/2019).

Hakim menimbang terdakwa secara sah dan meyakinkan telah terbukti melakukan tindak pidana pemilu 2019 yang berkaitan dengan kampanye hitam, tepatnya pasal 547 undang-undang nomor 7 tahun 2017.

Menurut hakim, hal yang memberatkan terdakwa yang utama adalah perbuatan terdakwa bertentangan dengan program negara terhadap netralitas pejabat negara dan aparatur negara dalam pelaksanaan pemilihan umum.

Sedangkan hal yang meringankan terdakwa mengakui dan menyesali perbuatannya.

Di depan persidangan terdakwa juga menyampaikan permohonan maaf kepada saksi Steven Abraham yang menjadi korban kampanye hitam.

Atas putusan hakim tersebut, Jaksa Penuntut Umum (JPU) Herman menyatakan akan menimbang apakah akan melakukan banding atau menerimanya.

Sedangkan penasihat hukum terdakwa, Paskalis Letsoin langsung memastikan akan melakukan banding atas putusan yang dikeluarkan hakim.

Sebelumnya, anggota Komisioner Bawaslu Papua Amandus Situmorang mengatakan Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) KabupatenMerauke telah menetapkan Bupati Merauke, Freedy Gebze sebagai tersangka kasus dugaan kampanye hitam.

Halaman
12
Editor: Mirmo Saptono
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved