Berita Video

VIDEO: Tumpukan Sampah di Bekasi Ini Jadi Makanan Sapi

"Kita emang tiap hari buangnya ke situ, karena enggak ada penampungan sementara. Ya penampungannya di situ di jalan. Dua hari sekali si diambil," kata

VIDEO: Tumpukan Sampah di Bekasi Ini Jadi Makanan Sapi
kompas.com
sapi makan sampah di Bekasi 

Tumpukan sampah berada di Jalan Irigasi Harapan Jaya, Kecamatan Medan Satria, Kota Bekasi, Selasa (18/6/2019).

Pantauan Kompas.com, sampah rumah tangga seperti plastik, botol, sayuran, dan lain-lain menumpuk di jalan yang berdampingan dengan Kali Irigasi.

Tumpukan sanpah yang diperkirakan mencapat 1,5 meter itu membuat kawasan permukiman warga terlihat kumuh. Bau menyengat pun tercium saat melintas di jalan tersebut.

Dewi, warga RW 06 mengatakan, tiap hari warga memang membuang sampah di titik tumpukan sampah tersebut. Dua hari sekali truk sampah Pemkot Bekasi mengambil tumpukan sampah tersebut.

"Kita emang tiap hari buangnya ke situ, karena enggak ada penampungan sementara. Ya penampungannya di situ di jalan. Dua hari sekali si diambil," kata Dewi di lokasi, Selasa.

Menurut Dewi, seharusnya tempat penampungan sampah sementara bisa disediakan gerobak sampah oleh pemerintah. Agar sampah bisa tertampung lebih tertata dan rapih.

VIDEO: Kurir Narkoba Asal Aceh Ditangkap, Polisi Temukan 1,7 kilogram Sabu

"Ya harusnya pakai gerobak kayak RW lain, jangan di jalan gitu cuman mau gimana lagi pemerintahnya belum sediain," ujar Dewi.

Sohib, pengendara sepeda motor yang melintas di jalan tersebut mengatakan, dirinya kerap terganggu dengan aroma sampah yang menyengat dari tumpukan sampah itu. Dia berharap ada tindakan dari Pemkot Bekasi untuk membereskan tempat penampungan sampah yang berada di jalan itu.

VIDEO: Dewi Perssik Kembali Menangisi Kepergian Ayahnya, Ini Hal yang Ia Sesali

"Bau mas, saya tiap hari lewat sini. Aneh banget sih tempat penampungan sampahnya di jalan begitu harusnya pakai apaan gitu jangan di jalan," ujar Sohib.

Sementara itu, Sekretaris Lurah Medan Satria Patoni mengatakan, tumpukan sampah itu merupakan tempat penampungan sampah sementara untuk warga RW 07 dan RW 06.

Pemilihan lokasi penampungan sampah di jalan karena Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi belum bisa menyediakan gerobak penampung sampah untuk warga tersebut.

VIDEO: Lebaran di Penjara, Kriss Hatta Akui Lebih Khusyuk Ibadah

"Itu jadi penampungan sementara, nanti katanya mau dikasih tempat bak. Katanya, pengadaannya belum ada, makanya tempatnya di situ dulu," ujar Patoni.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi Yayan Yuliana mengatakan, keterbatasan anggaran dan peralatan membuat tempat penampungan sampah terpaksa di jalan. Namun, pihaknya secara rutin mengambil sampah yang menumpuk di tiap penampungan.

"Kita akan coba supaya dirapihkan, jangan sampai dipinggir jalan ada terlihat tumpukan sampah. Kita hindari lah, kita akan buat, kalau ada didirikan tempat pembuangan sementara itu lebih bagus, tapi lihat anggaran," ujar Yayan.

Penulis : Dean Pahrevi

Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved