Pilpres 2019

Pagi Ini Sidang Lanjutan Sengketa Pilpres Akan Mendengarkan Jawaban Prabowo dan Jokowi

Sidang lanjutan sengketa gugatan Pilpres 2019 di Mahkamah Konstitusi (MK) akan dilanjutkan, Selasa (18/6/2019) hari ini..

Pagi Ini Sidang Lanjutan Sengketa Pilpres Akan Mendengarkan Jawaban Prabowo dan Jokowi
KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMO
Ketua Tim Hukum pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Bambang Widjojanto (berdiri-kanan) terlihat berdiskusi dengan anggota tim hukum Denny Indrayana di sidang perdana sengketa pilpres 2019 di Gedung Mahkamah Konstitusi, Jakarta, Jumat (14/6/2019). 

Sidang lanjutan sengketa gugatan Pilpres 2019 di Mahkamah Konstitusi (MK) akan dilanjutkan, Selasa (18/6/2019) hari ini.

Agenda sidang hari ini, yakni mendengarkan jawaban termohon dalam hal ini Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Pasangan nomor urut 02 Joko Widodo-Maruf Amin.

Selain itu dalam sidang tersebut, juga untuk mendengarkan jawaban pemberi keterangan, yaitu Badan  Pengawas Pemilu (Bawaslu).

Sementara pemohon dalam sidang ini, yakni pasangan nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Jokowi Beri Kenaikkan Gaji PNS, THR dan Gaji Ke-13, Bambang Widjojanto Sebut Langgar Pemilu 2019

Dikutip dari Kompas.com, sesaat sebelum sidang, KPU rencananya akan menyerahkan draf jawaban ke Kepaniteraan MK.

Draf jawaban ini merupakan dokumen baru yang menjawab perbaikan permohonan gugatan yang diajukan oleh kubu Prabowo.

"Rencananya naskah jawaban akan disampaikan KPU besok pagi menjelang pembacaan jawaban sidang. Sidang dimulai jam 9 ya; sebelum itu jam 8.30-an mungkin kami sampaikan ke paniteraan MK," kata Komisioner KPU Hasyim Asyari di kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (17/6/2019).

Komisioner KPU Hasyim Asyari
Komisioner KPU Hasyim Asyari (Fabian Januarius Kuwado)

Hingga Senin kemarin, KPU bersama tim hukum masih melakukan finalisasi dan sinkronisasi draf jawaban bersama daftar alat bukti.

"Karena yang namanya menjawab tidak hanya sekedar menjawab, tapi juga harus jelas kalau menjawabi ini maka kemudian alat buktinya apa. Nah ini supaya cocok, supaya sinkron, apa yang dijawab KPU dan apa alat bukti ini sedang kita susun kita finalisasi," ujar dia.

Pada persidangan hari ini, KPU bakal kembali mempertanyakan sikap Majelis Hakim MK mengenai perbaikan permohonan sengketa hasil Pilpres 2019 yang diajukan oleh kubu Prabowo.

Halaman
1234
Editor: Dian Anditya Mutiara
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved