Olah Raga

Eksotisme Candi Borobudur dan Keindahan Alamnya Jadi Daya Tarik Pelari Negara Asing Ikut Serta

Borobudur Marathon kembali digelar Edisi ketujuh tahun 2019 ini pada Minggu (17/11/2019) mendatang di Komplek Taman Lumbini, Candi Borobudur, Magelang

Eksotisme Candi Borobudur dan Keindahan Alamnya Jadi Daya Tarik Pelari Negara Asing Ikut Serta
Warta Kota/Gisesya Ranggawari
Pegiat lari, Riefa Istamar pada jumpa pers Borobudur Marathon 2019 di Hard Rock Cafe kawasan SCBD, Sudirman, Jakarta Pusat. 

Borobudur Marathon kembali digelar Edisi ketujuh tahun 2019 ini pada Minggu (17/11/2019) mendatang di Komplek Taman Lumbini, Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

MASIH seperti tahun-tahun sebelumnya, eksotisme keindahan alam Candi Borobudur masih menjadi idola dan daya tarik tersendiri bagi peserta dari negara asing yang ingin lebih tahu tentang Borobudur.

Ditambah kuliner dan kesenian desa yang disiapkan warga sekitar semakin membuat lari di Borobudur Marathon 2019 ini semakin semarak.

"Setiap daerah memang punya keunikan masing-masing, kalau di Borobudur untuk kategori 10 kilomeer ke atas itu bisa dapat lah pemandangan yang bagus. Itu memang jadi daya tarik tersendiri," kata pegiat lari, Riefa Istamar kepada Warta Kota, Selasa (18/6/2019).

Riefa juga mengatakan justru para peserta dari negara asing inilah target utama penyelenggara untuk memajukan sport tourism di Indonesia.

 KUASA Hukum KPU Bongkar Fakta Permohonan Bambang Widjojanto dkk Bantah Klaim Prabowo Menang 62 %

 Pria Australia Abadikan Momen Langka Ular Piton Telan Buaya, Bikin Merinding

 Empat dari Enam Orang Korban Tol Cipali di Mobil Xpander Merupakan Satu Keluarga

Pada tahun ini, panitia penyelenggara yaitu Harian Kompas bersama Bank Jateng dan Pemprov Jawa Tengah memberlakukan sistem ballot atau pengundian peserta.

"Justru memang sebenarnya kami harapkan banyak peserta dari negara asing yang ikut. Karena salah satu cara mengenalkan juga Indonesia juga. Mereka ingin tahu lebih juga dengan Borobudurnya," papar Riefa.

Bak gayung bersambut, para peserta dari negara asing yang dikenal oleh Riefa pun sangat antusias untuk mendaftar di Borobudur Marathon 2019 ini.

Lantaran lagi-lagi Borobudur dan pemandangan asri khas pedesaan yang menjadi daya tarik sebab kebanyakan event marathon di negara-negara besar diadakanya di jalur perkotaan.

"Kebetulan juga ada teman saya dari Malaysia dan Eropa juga yang akan ikut partisipasi, bahkan yang dsri Malaysia hampir 100 orang. Mereka antusias sekali," ungkap pelari gondrong itu.

 Seluruh Gugatan Prabowo-Sandi Tidak Jelas dan Kabur Hingga MK Tolak 16 Permohonan Pihak Terkait

 Kisah Sukses Paidi, Dari Pemulung Jadi Petani Porang Beromzet Miliaran Rupiah, Ingin Umrohkan 1 Desa

 7 Makanan yang Dianggap Bisa Picu Tumor Otak Seperti Agung Hercules, Salah Satunya Gorengan

"Ya kalau dibilang mirip ya kita ngambil pembandingnya dari World Major Marathon, tapi mereka kebanyakan dilakukan di kota besar, jadi pemandangannya perkotaan, kalau kita beda," tutur Riefa. (M17)

Penulis: Gisesya Ranggawari
Editor: Hertanto Soebijoto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved