Erni Geleng-geleng Kepala, Jam 6 Pagi Datang, Antrean Pendaftar di SMAN 1 Depok Sudah Belasan Meter

“Tidak ada aturannya kalau yang daftar pertama pasti diterima. Tetap nantinya akan diproses sesuai juknis (petunjuk teknis) yang berlaku

Erni Geleng-geleng Kepala, Jam 6 Pagi Datang, Antrean Pendaftar di SMAN 1 Depok Sudah Belasan Meter
Warta Kota/Gopis Simatupang
Antrean pendaftar PPDB 2019 di SMA Negeri 1 Depok, Jalan Nusantara Raya, Pancoran Mas, Senin (17/6/2019). 

Erni, salah satu wali siswa, terkaget-kaget begitu sampai di SMA Negeri 1 Depok, Senin (17/6) sekitar pukul 06.00.

Ia hanya bisa geleng-geleng kepala saat melihat antrean calon pendaftar telah mencapai belasan meter.

Berdasarkan pengakuan para orang tua, pendaftaran PPDB di SMA Negeri 1 Depok tidak menggunakan nomor antrean, sehingga calon pendaftar saling berebut untuk masuk lebih dulu ke ruang pendaftaran.

“Enggak ada nomor antreannya, langsung pada datang ke sekolah. Kalau ada nomor antreannya kan enggak perlu berebutan begini,” kata Erni ditemui di sekolah yang berada di Jalan Nusantara Raya, Pancoran Mas, Depok, Senin (17/6) kepada Wartakotalive.com.

Dia mengaku mendaftarkan anaknya ke SMA Negeri 1 Depok melalui jalur zonasi karena jarak rumahnya dekat dengan sekolah, yakni di Kampung Lio, Pancoran Mas, yang hanya beberapa ratus meter ke SMA Negeri 1 Depok.

Bukti Hasudungan, wali murid lainnya, bahkan mengaku telah datang ke SMA Negeri 1 Depok pukul 05.00 WIB, karena mengira dapat masuk lebih dulu ke ruang pendaftaran.

Akan tetapi, perkiraan Bukti tidak jadi nyata karena puluhan orang tua telah mendahului dirinya.

Sama seperti Erni, Bukti juga mengeluhkan tidak adanya nomor antrean sehingga proses pendaftaran tampak semrawut.

“Kalau ada nomor antrean kan kita bisa duduk dulu, istirahat dulu sebelum dipanggil. Kalau begini kita harus kuat-kuatan berdiri supaya enggak direbut orang,” ucapnya.

Masih ada hari esok

Menanggapi keluhan tersebut, Kepala SMA Negeri 1 Depok, Supyana, sampai memberi penjelasan secara langsung kepada orang tua agar pendaftaran dapat berjalan tertib dan lancar.

Supyana mengimbau orang tua agar tidak capek-capek berdesakan pada hari pertama pendaftaran, karena keesokan hari pun masih bisa mendaftar.

“Kepada bapak dan ibu yang hendak mendaftarkan anaknya ke SMA Negeri 1 Depok, esok hari juga masih bisa, tidak harus hari ini,” seru Supyana melalui pengeras suara.

“Tidak ada aturannya kalau yang daftar pertama pasti diterima. Tetap nantinya akan diproses sesuai juknis (petunjuk teknis) yang berlaku. Jadi jangan takut, esok hari pendaftaran juga masih dibuka,” papar Supyana.

Penulis: Gopis Simatupang
Editor:
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved