Berita Video

VIDEO: PPDB SMP Tangerang, Begini Penjelasan Kepala Dinas Pendidikan

"Kita sudah siap, tinggal menunggu persetujuan dari pak wali. Intinya gini, PPDB yang akan datang itu masyarakat yang di sekitar sekolah berjarak bebe

VIDEO: PPDB SMP Tangerang, Begini Penjelasan Kepala Dinas Pendidikan
Istimewa
ILUSTRASI Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMP Kota Tangerang akan segera dibuka.

Sistem penerimaan calon siswa SMP di Kota Tangerang akan melalui beberapa jalur seperti, Zonasi, perpindahan orang tua, dan jalur tes tertulis.

Namun, sistem PPDB online Kota Tangerang sempat kusut pada tahun lalu lantaran sistem zonasi yang membatasi calon muridnya berdasarkan RW yang sama dengan sekolah tersebut.

Padahal, ada beberapa calon muridnya yang rumahnya berdempetan dengan sekolah itu namun perihal beda RW tidak bisa mendaftar.

Hal itu pun memantik amarah orang tua murid sampai-sampai Kepala Dinas Pendidikan Kota Tangerang, Abduh Surahman disandera warga di sebuah sekolah bentuk protes dari orang tua murid.

Belajar dari pengalaman, Abduh akhirnya mengubah aturan zonasi dengan memperluas daerah cakupan zonasi sebuah SMP.

"Kita sudah siap, tinggal menunggu persetujuan dari pak wali. Intinya gini, PPDB yang akan datang itu masyarakat yang di sekitar sekolah berjarak beberapa RW itu otomatis masuk ke SMP yang ada di lokasi situ," jelas Abduh di Puspemkot Tangerang, Jumat (14/6/2019).

Sedangkan, untuk calon peserta PPDB yang berada jauh dari SMP yang diinginkan masih berkesempatan untuk mendaftar melalui jalur tes tertulis.

"Di luar radius sekolah empat sampai lima RW itu akan bertanding pada sistem nilai. Kenapa kita berlakukan? Karena keberadaan SMP itu tidak tersebar di setiap kecamatan, enggak semua kedapatan punya SMP," ucap Abduh.

Menurutnya kebijakan tersebut berbeda dengan sistem peneriman PPDB online tingkat SMP pada tahun sebelumnya.

VIDEO: Suasana Lomba Perahu Naga di Festival Peh Cun Kali Cisadane Tangerang

Halaman
12
Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved