Pemkot Jakarta Selatan Sebut Kampun Cipedak Jadi Kampung Alpukat

Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Selatan menobatkan Kampung Cipedak di RW 09 Cipedak, Jagakarsa, sebagai Kampung Alpukat

Pemkot Jakarta Selatan Sebut Kampun Cipedak Jadi Kampung Alpukat
Kompas.com
Walikota Jakarta Selatan, Marullah Matali Ngangget Buah Alpukat Cipedak(KOMPAS.com/JIMMY RAMADHAN AZHARI) 

Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Selatan menobatkan Kampung Cipedak di RW 09 Cipedak, Jagakarsa, sebagai Kampung Alpukat.

Hal itu disampaikan Wali Kota Jakarta Selatan, Marullah Matali, saat membuka acara Gebyar Festival Budaya Betawi Cipedak 9 di RW 09, Kampung Cipedak, Jagakarsa, Jakarta Selatan Minggu (16/6/2019).

“Awalnya saya dapatkan secara mendadak ketika diajak ketua RW 09 untuk datang ke sini memperkenalkan alpukat, saya katakan alpukat ini hasil apa? Hasil silang orang sini asli, ada pohon aslinya,” ujar Marullah.

Marullah mengatakan, alpukat-alpukat yang berbuah di Kampung Cipedak memiliki kekhasan sendiri dan berbeda dengan alpukat-alpukat di daerah lainnya sehingga menjadi daya tarik tersendiri.

Gerak Jalan Meriahkan Festival Budaya Betawi Cipedak

Libur Selama Puasa dan Lebaran, Warga Kembali Ramaikan CFD Kota Bekasi

Oleh-oleh Khas Betawi Biji Ketapang Paling Laris Diburu Pemudik Lebaran Dibawa ke Sumatera

Sebelumnya, pada hari pertama, ribuan orang memadati area festival sejak Sabtu pagi untuk menikmati aneka kuliner, melihat pertunjukkan seni budaya Betawi maupun ikut dalam gerak jalan yang digelar untuk menandai dibukanya festival itu.

Kegiatan Gerak Jalan tersebut diikuti kurang lebih 1.200 peserta yang merupakan warga RW 09 dan para pengunjung. Wakil Wali Kota Jakarta Selatan, Isnawa Adji, menyampaikan, melalui Gebyar Festival Budaya Betawi Cipedak ingin memperkenalkan buah Alpukat Cipedak yang menjadi buah khas di Kampung Cipedak ini.

“Juga untuk mempromosikan kesenian Betawi, kuliner Betawi agar makin dikenal luas oleh masyarakat,” ujar Isnawa.
Menurutnya, yang paling menarik di Kampung Cipedak ini yaitu, setiap warga menanam satu pohon Alpukat Cipedak.

“Animo masyarakat terhadap festival yang digagas oleh warga Kampung Cipedak ini terus meningkat. Tahun lalu hanya sekitar 90-an stand bazar, sekarang ini sudah ada sebanyak 150 stan bazar,” terangnya.

Pada hari pertama gelaran Festival Budaya Betawi Cipedak Kampung Alpukat di Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan, Sabtu (19/6), masyarakat antusias untuk datang dan mengikuti serangkaian kegiatan dalam event dua tahunan itu.

Ribuan orang memadati area festival sejak Sabtu pagi untuk menikmati aneka kuliner, melihat pertunjukkan seni budaya betawi maupun ikut dalam gerak jalan yang digelar untuk menandai dibukanya festival itu.

Halaman
123
Penulis: Feryanto Hadi
Editor: Agus Himawan
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved