GKR Hemas Harap Caleg Yang Lolos Sudah Punya Persiapan.

Keterpilihan perempuan di Parlemen pada pemilu lalu mengalami kenaikan. Berdasarkan hasil dari Departemen Ilmu Politik Fisip Universitas Indonesia men

GKR Hemas Harap Caleg Yang Lolos Sudah Punya Persiapan. - dpd-warkot-16-juni-2019.jpg
Istimewa
DPD
GKR Hemas Harap Caleg Yang Lolos Sudah Punya Persiapan. - dpd-16-juni-2.jpg
Istimewa
DPD

WARTA KOTA - Keterpilihan perempuan di Parlemen pada pemilu lalu mengalami kenaikan. Berdasarkan hasil dari Departemen Ilmu Politik Fisip Universitas Indonesia mengalami kenaikan di Parlemen.

Dari keterpilihan perempuan di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR RI) naik menjadi 20,5%. Dalam pemilu sebelumnya ditahun 2014, keterpilihan perempuan hanya 17,3%. Pemilu tahun 2019 ini, perempuam di DPR RI sebanyak 118 dari 575.

Kenaikan keterpilihan perempuan juga ada di Dewan Perwakilan Daerah (DPD RI). Pada pemilu 2019 naik menjadi 31% dibandingkan pemilu 2014 hanya 25%. Dari total anggota Parlemen di DPD RI sebanyak 136 orang, di pemilu 2019, perempuan sebanyak 42 orang.

Anggota DPD RI asal Yogyakata yang juga sebagai kertua Presidium Kaukus Perempuan Parlemen Republik Indonesia (KPP RI) GKR Hemas mengatakan perjuangan perempuan dalam pemilu 2019 tidak mudah. Saat kampanye, perempuan yang masuk kedalam Daftar Calon Tetap (DCT) Calon Legislatif (Caleg) dihadapkan dengan dana yang tidak sedikit.

Walaupun ada kenaikan, tapu tidak sedikit caleg perempuan yang juga gagal untuk lolos ke parlemen. Bagi yang lolos, GKR Hemas menghimbau agar memiliki kesiapan menjelang pelantikannya.

"Jadi kedepannya sebetulnya mulai dari awal begitu masuk mereka di 2019. Usai dilantik, mereka masuk ke 2020 itu sudah punya persiapan lebih matang. Kalau dahulu kan satu tahun mereka baru melakukan penyesuaian. Jadikan mereka harusnya ditahun 2020 harus sudah bisa jalan. Mereka harusnya sudah bisa belajar lebih diawal. Sehingga saat masuk sudah berperan." Papar GKR Hemas disela acara diskusi pemilu 2019 yang diselenggarakan dikediamannya.

Acara diskusi yang diikuti oleh perempuan berlangsung dari sore kemaren (15/6) dihadiri caleg yang lolos dan juga tidak lolos di pemilu 2019. Banyak terlihat dalam acara tersebut anggota DPD RI dan juga Caleg DPD RI yang lolos diantaranya Maya Rumantir.

GKR Hemas menambahkan, kami ini harus mengumpulkan mereka, menyadarkan seperti dulu, begitu mereka masuk. Bukan anggota DPD, DPRnya juga kita kumpulkan untuk bertemu dalam satu naungan Kaukus Perempuan Parlemen.

"Ini penting, jadi ketika masuk sudah berperan. Jangan tunggu lagi, ah saya belum ngerti tentang undang undang." Jelasnya

Menurut GKR Hemas, Relatif sekarang muda-muda, jadi tugas saya cukup berat untuk mengawal mereka. Tapi, mereka yang muda-muda ini saya lihat cukup punya kemampuan.

Editor: Andy Prayogo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved