Breaking News:

Keluarga Besar PKMJ Gelar Halal Bihalal Sekaligus Bakti Sosial di Desa Bero

Paguyuban Keluarga Manyaran Jakarta memiliki prinsip kerja keras, kerja ikhlas sukses tanpa ekses.

Penulis: | Editor: M Nur Ichsan Arief
dok pkmj
Penyerahan Kunci Mobil Ambulance Untuk Desa Bero dari Persatuan Paguyuban Kelurahan Bero (PPKB) Pada Acara Halal Bihalal PKMJ Di Desa Bero, Manyaran, Wonogiri, Jawa Tengah, Sabtu (8/6/2019). 

WARTA KOTA, PALMERAH  -------  Keluarga besar PKMJ (Paguyuban Keluarga Manyaran Jakarta) mengadakan halal bihalal sekaligus bakti sosial di Desa Bero, Kecamatan Manyaran, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah, Sabtu (8/6/2019).

Bupati Wonogiri, Joko Sutopo (Berpeci), Bersama Berndahara PKMJ, Haji supardi (kiri), Dan Pengurus PKMJ Iwan Santosa Dan Haji Wasino Pada Acara Halal Bihalal PKMJ Di Desa Bero.
Bupati Wonogiri, Joko Sutopo (Berpeci), Bersama Bendahara PKMJ, Haji Supardi (kiri), Pengurus PKMJ, Iwan Santosa Dan Haji Wasino Pada Acara Halal Bihalal PKMJ Di Desa Bero. (dok pkmj)

Halal bihalal tersebut sangat meriah karena dihadiri Bupati Wonogiri Joko Sutopo dan diisi sejumlah hiburan kesenian tradisional seperti campusari dan wayang kulit. Kegiatan yang digelar sejak pagi hari itu diawali berbagai kegiatan bakti sosial.
Seperti melakukan penanaman 1.000 pohon Alpukat di sekitar Kelurahan Bero.

Membuka pelayanan legal atau administrasi kependudukan yakni akte kelahiran, surat nikah, surat kematian, surat perceraian, dan pembuatan KTP. Adanya pelayanan kependudukan gratis itu direspon positif masyarakat setempat. Tak sedikit mereka berbondong-bondong untuk memanfaatkan.

Penyerahan KTP Warga Yang Sudah Jadi Pada Acara Halal Bihalal PKMJ Di Desa Bero
Penyerahan KTP Warga Yang Sudah Jadi Pada Acara Halal Bihalal PKMJ Di Desa Bero (dok pkmj)

Sementara usai salat Isya dilaksanakan santunan kepada puluhan anak yatim. Kemudian dilanjutkan penyerahan satu unit mobil ambulance kepada aparat Desa Beso. Acara dilanjutkan dengan hiburan wayang kulit dengan menghadirkan Ki Dalang Palguno, dengan sinden Wainten dan Tumpuk Suryani.

Acara semakin malam tambah meriah karena dihadiri ratusan warga asal Manyaran yang sukses diperantauan dan sudah tergabung di PKMJ. Di antaranya mereka ada yang menjadi anggota legislatif, pengusaha, bahkan pejabat di Kementerian Hukum dan HAM yakni Iwan Santoso.

Bupati Wonogiri Joko Sutopo mengatakan, bahwa kehadiran PKMJ ini sejalan dengan pemerintah dan terbukti bisa membantu pemerintah setempat. Seperti lewat berbagai bakti sosial yang dilakukan hari ini. “Acara ini saya anggap sukses dan berjalan lancar,” katanya dalam siaran pers yang diterima Wartakotalive.com, Sabtu (15/6/2019)..

Pengurus Dam Anggota PKMJ Berfoto Bersama Pada Acara Halal Bihalal PKMJ Di Desa Bero
Pengurus Dam Anggota PKMJ Berfoto Bersama Pada Acara Halal Bihalal PKMJ Di Desa Bero (dok pkmj)

Ketua PKMJ Juli Heru mengucapkan terimakasih atas kehadiran anggota paguyuban dalam acara halal bihalal. Selain itu Bupati Joko Sutopo yang selain hadir juga atas nama pemerintah setempat siap bersinergi dengan PKMJ. ”Kami menyambutnya sangat gembira,”ujarnya.

Sementara, Bendahara PKMJ Haji Supardi mengungkapkan, acara halal bihalal ini menjadi ajang silaturahim anggota dan warga di sini. Sebab itu harus dilestarikan kegiatannya. “Sehingga semua mendapat manfaat,” katanya.

Ia mengatakan, adanya kegiatan ini maka anggota mendapat informasi baru. Terutama program-program dari pemerintah setempat. Misalnya dalam waktu dekat di wilayah ini bakal dibangun ring road yang sangat bermanfaat bagi masyarakat,
Ketua Panitia Halal Bihalal PKMJ 1440 H Haji Wasino mengungkapkan, bahwa pihaknya mengucapkan terimakasih karena kegiatan berjalan sukses dan lancar. Menurutnya, ini tidak lepas dukungan semua pihak. “Semoga tahun depan lebih bagus,” tandasnya.

Penanaman Pohon alpukat Pada Acara Halal Bihalal PKMJ Di Desa Bero
Penanaman Pohon alpukat Pada Acara Halal Bihalal PKMJ Di Desa Bero (dok pkmj)

Ia juga menegaskan, bahwa paguyubannya memiliki prinsip kerja keras, kerja ikhlas sukses tanpa ekses. Selain itu memiliki yel-yel guyub, rukun, dan salawase (selamanya). Adanya prinsip dan yel-yel tersebut maka kegiatan berjalan sukses

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved