Berita Video

VIDEO: Waduk Pluit Dikeruk Demi Menghadapi Musim Hujan, Belasan Alat Berat Dikerahkan

Pantauan di lokasi, ada sekitar 11 alat berat eskavator melakukan pengerukan di Waduk Pluit sisi selatan.

VIDEO: Waduk Pluit Dikeruk Demi Menghadapi Musim Hujan, Belasan Alat Berat Dikerahkan
Warta Kota/Junianto Hamonangan
Belasan alat berat eskavator melakukan pengerukan sedimen lumpur yang mengendap di Waduk Pluit sisi selatan, Penjaringan, Jakarta Utara, Jumat (14/6/2019). 

Belasan alat berat eskavator melakukan pengerukan di Waduk Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara, Jumat (14/6). Pengerukan itu dilakukan agar menambah kapasitas waduk untuk menghadapi musim hujan.

Pantauan di lokasi, ada sekitar 11 alat berat eskavator melakukan pengerukan di Waduk Pluit sisi selatan.

Belasan eskavator itu saling bekerja sama satu dengan yang lain untuk melakukan proses pengerukan.

VIDEO: Massa Aksi di Dekat MK Bubar Usai Bersalawat dan Zikir

Sedimen lumpur di Waduk Pluit sisi selatan terlihat di beberapa titik. Ada sedimen lumpur yang sudah terlihat kering namun ada juga yang masih basah karena baru dikeruk oleh alat berat eskavator.

Sementara beberapa orang petugas dari Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta terlihat memantau pekerjaan tersebut. Mereka juga melakukan pekerjaan lain seperti mengukur ketinggian tanggul.

Pelaksana Pemeliharaan Waduk Pluit Dinas SDA DKI Jakarta Ika Agustin Ningrum mengatakan pihaknya sedang melaksanakan pemeliharaan Waduk Pluit dengan melakukan kegiatan pengerukan rutin.

“Tujuannya adalah untuk menambah kapasitas Waduk Pluit, kita persiapan. Jadi jika sewaktu-waktu hujan, Waduk Pluit sudah siap untuk menampung,” ungkap Ika, di lokasi, Kamis (14/6).

Gaya Mirip-mirip, Soeharto, SBY, Hingga Jokowi Jadikan Punggung Ajudan Sebagai Meja

Ika beralasan Waduk Pluit merupakan salah satu sarana vital di DKI Jakarta. Sehingga pengerukan Waduk Pluit harus dilakukan untuk dipastikan kesiapan semuanya ketika musim hujan kembali datang.

“Melihat sedimennya banyak seperti ini, jadi musti dilakjkan pengerukan,” sambung Ika.

VIDEO: Suasana Haru Saat Aktor Robby Sugara Dimakamkan di TPU Pondok Rangon

Terkait dengan kegiatan yang dilakukan di lokasi, Ika menjelaskan bahwa hal itu merupakan bagian dari pengukuran teknis di lapangan. Sehingga dapat menunjang proses pengerukan yang sekarang ini sedang berlangsung.

“Jadi buat metode pelaksanaan pengerjaan aja, jadi nanti pengerukannya berapa alat, di sisi mana, supaya lebih efektif aja kerjanya,” ujar Ika. (jhs)

Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved