Mudik Lebaran

Menhub Tutup Posko Mudik Sebut Jumlah Kecelakaan Menurun 75 Persen, Simak Datanya di Sini

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyebut bahwa terjadi penurunan jumlah kecelakaan lalu lintas pada masa Mudik Lebaran 2019.

Menhub Tutup Posko Mudik Sebut Jumlah Kecelakaan Menurun 75 Persen, Simak Datanya di Sini
Wartakotalive.com/Mohamad Yusuf
Menhub Budi Karya Sumadi saat menutup Posko Tingkat Nasional Angkutan Lebaran Terpadu 2019M/1440 H, di Gedung Kemenhub, Jalan Medan Merdeka Barat, Gambir, Jakarta Pusat, pada Jumat (14/6/2019). 

Laporan Wartawan Wartakotalive.com, Mohamad Yusuf

GAMBIR, WARTAKOTALIVE.COM -- Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyebut bahwa terjadi penurunan jumlah kecelakaan lalu lintas pada masa Mudik Lebaran 2019.

Hal tersebut ia sampaikan usai menutup Posko Tingkat Nasional Angkutan Lebaran Terpadu 2019M/1440 H di Gedung Kemenhub, Jalan Medan Merdeka Barat, Gambir, Jakarta Pusat, pada Jumat (14/6/2019).

"Satu hal paling penting bagi Kemenhub adalah satu analisis terhadap safety dan environment. Karena Alhamdulillah safety, ada penurunan signifikan berkaitan kecelakaan yang turun lebih dari 70 persen," kata Budi, di ruang Ruang Mataram, Gedung Kemenhub.

Data jumlah kecelakaan lalu lintas pada masa Mudik Lebaran 2019
Data jumlah kecelakaan lalu lintas pada masa Mudik Lebaran 2019 (Wartakotalive.com/Mohamad Yusuf)

Budi menegaskan, bahwa menurunnya jumlah kecelakaan tersebut, karena juga program mudik gratis yang digelarnya.

Dimana para warga difasilitasi untuk untuk mudik gratis menggunakan berbagai moda. Mulai dari bus, kapal, dan kereta api.

Karena itu, kedepannya, pihaknya akan memaksimalkan angkutan massal. Pihaknya pu telah menyatakan hal tersebut kepada DPR RI.

"Kami sudah diskusi internal dan bersama DPR RI untuk intensifkan angkutan massal. Karena infrastruktur yang ada sudah terbangun baik. Tahun ini kami akan perbaiki 30 lebih terminal, angkutan bus yang ada di kota besar Pulau Jawa. Hal ini bisa jadi memberikan suatu pemikiran mereka yang mudik tak harus berpikir bawa mobil," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kementerian Perhubungan, Sugihardjo, mengatakan jumlah kejadian kecelakaan mengalami penurunan yang cukup signifikan. Baik dari segi jumlah kejadian, jumlah korban, maupun kerugian materiil.

"Jumlah kejadian kecelakaan menurun sebesar 75 persen, dengan total kejadian kecelakaan 563 kejadian. Dari sebelumnya 2.234 kejadian pada periode yang sama," kata Sugihardjo.

Halaman
12
Penulis: Mohamad Yusuf
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved