Breaking News:

PPDB

Hafal Alquran Atau Hafiz Bisa Masuk Jalur Prestasi di PPDB SMP Kota Bekasi

Adapun, penilaian siswa yang menggunakan jalur penghafal Al Quran ini berdasarkan tingkatan juz yang dihafal.

Istimewa
ILUSTRASI Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 

Pemerintah Kota Bekasi melalui Dinas Pendidikan membuka jalur pendaftaran khusus penghafal Al Quran pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMP Negeri tahun ajaran 2019/2020.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Bekasi Inayatullah mengatakan, pendaftaran PPDB khusus penghafal Al Quran termasuk dalam kategori jalur prestasi dengan presentase jatah kuota sebanyak dua persen.

VIDEO: Diminta Balikan dengan Angga, Syifa Hadju Jawab Begini

"PPDB jalur prestasi ada tiga bagian, pertama berdasarkan nilai USBN kuotanya tiga persen. Kedua prestasi di bidang akademik dan non-akademik seperti altet, juara olimpiade kuotanya satu persen, dan ketiga prestasi tahfidz Al Quran kuotanya dua persen," kata Inayatullah saat dikonfirmasi wartawan, Jumat (14/6/2019).

VIDEO: WNA Malaysia Sembunyikan Sabu Puluhan Kilogram di Dalam Mixer Es Dikirim Pakai Kapal

Ia mengatakan, jalur PPDB khusus penghafal Al Quran dibuka sebagai bentuk apresiasi pemerintah kepada siswa SMP yang berprestasi di bidang agama Islam.

"Mereka bebas memilih SMP Negeri mana saja daftar melalui jalur prestasi dengan kuotanya dua persen dari total jumlah daya tampung siswa di masing-masing sekolahnya," ujarnya.

VIDEO: Pelaku Pembakaran Remaja yang Tewas di Bekasi Pakai Bensin Eceran

Siswa yang mendaftar dari jalur penghafal Al Quran ini akan diuji kemampuannya oleh Kementerian Agama yang sudah bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Kota Bekasi.

Adapun, penilaian siswa yang menggunakan jalur penghafal Al Quran ini berdasarkan tingkatan juz yang dihafal.

Untuk siswa yang bisa menghafal juz 1-10 akan diberikan 100 poin, sedangkan untuk juz 11-20 diberikan 200 poin, dan juz 21-30 diberikan 300 poin.

Poin yang didapatkan siswa tersebut akan diakumulasi dengan nilai ujian siswa atau NEM saat mendaftar di sekolah yang dituju.

Pendaftaran PPDB dari jalur prestasi dengan memverifikasi berkas dilakukan pada 17-20 Juni 2019 di aula lantai 3 kantor Disdik Kota Bekasi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "PPDB SMP, Pemkot Bekasi Buka Jalur Khusus Hafiz Al Quran",
Penulis : Dean Pahrevi
Editor : Kurnia Sari Aziza

Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved