Gelar Panen Alpukat di Festival Betawi Cipedak 09 Kampung Alpukat

Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Selatan akan menggelar acara Gebyar Festival Betawi Cipedak 09 Kampung Alpukat pada 15-16 Juni 2019

Gelar Panen Alpukat di Festival Betawi Cipedak 09 Kampung Alpukat
Istimewa
UPK Perkampungan Budaya Betawi (PBB) Setu Babakan, Jakarta Selatan menggelar acara Setu Babakan Menari yang diikuti ribuan penari dan disaksikan para atlet Asian Games 2018, Minggu (26/8/2018). 

Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Selatan akan menggelar acara Gebyar Festival Betawi Cipedak 09 Kampung Alpukat pada 15-16 Juni 2019.

Pada kegiatan itu, Alpukat Cipedak akan menjadi ikon yang akan dipromosikan sebagai buah kebanggaan masyarakat Betawi.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Jakarta Selatan, Mukhlisin, mengatakan, festival dua tahunan itu digelar untuk memeriahkan HUT ke-492 Kota Jakarta.

Ratusan Pendekar dari Perguruan Silat Betawi Latihan Bareng
Ratusan Pendekar dari Perguruan Silat Betawi Latihan Bareng (Warta Kota)

Muchlisin menjanjikan, akan ada banyak kegiatan menarik pada festival itu, khususnya pergelaran yang akan menampilkan seni dan budaya Betawi.

“Festival Budaya Betawi yang merupakan agenda dua tahunan masyarakat Cipedak RW 09 itu momen acaranya ada lomba-lomba, seperti lomba Gerak Jalan, Festival Kerak Telor, lalu kuliner yang kita ingin tonjolkan di sini buah Alpukat Cipedak,” ujar Mukhlisin, Jumat (14/6/2019).

Di acara ini ada semacam lomba tentang Alpukat, ada pembuatan makanan olahan dari buah Alpukat Cipedak. Selain itu nanti ada juga bazar. Menurut Mukhlisin, Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan, rencananya akan hadir pada kegiatan tersebut pada Minggu (16/5/2019).

Oleh-oleh Khas Betawi Biji Ketapang Paling Laris Diburu Pemudik Lebaran Dibawa ke Sumatera

Peresmian Showroom Lampu LED Standart Internasional Disambut Kesenian Palang Pintu Betawi

Festival Ramadan 2019 Bernuansa Betawi Bakal Hadir di Setu Babakan Jakarta Selatan

Mukhlisin berharap, dengan adanya Festival Budaya Betawi Cipedak, maka Alpukat Cipedak yang merupakan hasil dari Kampung Cipedak, makin dikenal masyarakat.

“Kita ingin memperkenalkan Alpukat Cipedak. Makanya semua rumah diwajibkan menanam pohon Alpukat Cipedak di wilayah Cipedak,” tambahnya.

Ketua Panitia Gebyar Festival Budaya Betawi Cipedak 09, Zainal Muttaqim, menuturkan, penyebutan Alpukat Cipedak ini diambil dari daerah di Jakarta Selatan yaitu Kampung Cipedak di Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Festival budaya Betawi.
Festival budaya Betawi. (Warta Kota/Panji Baskhara Ramadhan)

Keunggulan varietas Alpukat Cipedak adalah masa berbuahnya yang produktif, memiliki tekstur daging yang legit dan manis dan kulit yang tipis sehingga bisa dikupas layaknya buah pisang. Kemudian mempunyai daging buah yang kuning seperti mentega serta rasa legit dan manis.

“Juga mengandung lemak 20 hingga 23 kali lebih banyak dibanding buah lainnya. Lemak aman karena termasuk lemak tak jenuh yang mudah dicerna dan berguna bagi tubuh,” ujarnya. 

Penulis: Feryanto Hadi
Editor: Agus Himawan
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved