Sampah Menumpuk

Tukang Sampah Libur, Sampah Ditimbun di Pinggir Jalan

Sejumlah polibag berisi sampah rumah tangga terlihat ditumpuk di depan rumah warga hingga menutupi saluran air dan sisi jalan.

Tukang Sampah Libur, Sampah Ditimbun di Pinggir Jalan
Wartakotalive.com/Dwi Rizki
Tumpukan sampah di Jalan Masjid Al Khoiriah RT 12/01 Pinang Ranti, Makasar, Jakarta Timur pada Rabu (12/6/2019). 

MAKASAR, WARTAKOTALIVE.COM -- Bau menyengat serta kumuhnya suasana terlihat di sejumlah titik Jalan Masjid Al Khoiriah, Pinang Ranti, Makasar, Jakarta Timur sejak Libur Lebaran 2019 pekan lalu.

Pemandangan umum itu dipicu liburnya tukang sampah yang memaksa warga menimbun sampah di beberapa titik jalan.

Kondisi tersebut seperti yang terlihat di RT 12/01 Pinang Ranti, Makasar, Jakarta Timur pada Rabu (12/6/2019) siang.

Sejumlah polibag berisi sampah rumah tangga terlihat ditumpuk di depan rumah warga hingga menutupi saluran air dan sisi jalan.

Erita (33) warga setempat mengaku sudah melaporkan kejadian kepada Ketua RT.

Namun laporannya kembali mentah lantaran imbauan yang kerap kali disampaikan untuk tidak membuang sampah sembarangan kembali tidak digubris warga.

"Jadinya ya begini nih, orang asal buang aja di depan rumah. Saya udah lapor Pak RT, tapi pak RT juga angkat tangan, katanya udah sering bilang ke warga, tapi masih juga pada buang sampah di pinggir jalan," ungkapnya ditemui pada Rabu (12/6/2019).

Banyaknya sampah yang ditumpuk di pinggir jalan, Eri mengungkapkan karena keberadaan gerobak sampah yang seringkali terparkir di depan rumahnya.

Sehingga, warga dengan leluasa membuang sampah ke dalam gerobak, ataupun menumpuk sampah di pinggir jalan apabila gerobak telah penuh sampah.

"Sampah ini yang buang bukan cuma warga RT 12 aja, tapi dari mana-mana ikut buang ke situ. Padahal apa beratnya sih cuma bayar duit sampah Rp 30.000 sebulan, kan kasihan engkong yang narik sampah. Udah banyak sampahnya, nggak dapet duit juga dia," ungkapnya.

Halaman
123
Penulis: Dwi Rizki
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved