Liga 1

Sering Kebobolan di 15 Menit Terakhir Laga, Pelatih Fisik Persija Jakarta: Itu Masalah Mental

Dalam tiga pertandingan awal Liga 1 2019, tim Ibu Kota ditahan imbang Barito Putera 1-1 serta takluk dari PSIS Semarang 1-2 dan Bali United 0-1.

Sering Kebobolan di 15 Menit Terakhir Laga, Pelatih Fisik Persija Jakarta: Itu Masalah Mental
Wartakotalive.com/Gisesya Ranggawari
Pelatih fisik Persija Jakarta, Sansan Susanpur. 

Sebagai tim juara di Liga 1 2018, Persija Jakarta hingga saat ini masih belum meraih kemenangan di Liga 1 2019.

Macan Kemayoran kini bertengger di posisi ke-16 klasemen dari 18 tim yang berlaga di Liga 1 2019.

Dalam tiga pertandingan awal Liga 1 2019, tim Ibu Kota ditahan imbang Barito Putera 1-1 serta takluk dari PSIS Semarang 1-2 dan Bali United 0-1.

Yang menarik, seluruh empat gol yang bersarang di gawang Persija terjadi di 15 menit akhir pertandingan, Barito Putera (82), PSIS (75 dan 77), Bali United (82).

Kemudian timbul pertanyaan, apakah kualitas fisik para pemain Persija menurun jelang akhir pertandingan sehingga selalu kehilangan fokus?

Menurut Pelatih Fisik Persija, Sansan Susanpur kurangnya konsentrasi di akhir pertandingan disebabkan mental para pemain pengganti belum maksimal dan bisa mengubah skema permainan.

Jadwal Pertandingan Bali United Vs PSIS Semarang di Lanjutan Liga 1 2019 Diundur Sehari

Eduardo Perez Optimis Skuat Persija Jakarta Siap Tempur Menghadapi Persela Lamongan di Liga 1 2019

Terapkan Metode Latihan Berbeda, Ismed Sofyan Tidak Terkendala dengan Pelatih Baru Persija Jakarta

"Taktikal kondisi di lapangan itu penting, pemain yang diganti pasti mengubah skema, yang menentukan taktikal adalah mental bukan fisik," ujar Sansan kepada Warta Kota, Rabu (12/6/2019).

Lebih lanjut menurut Sansan empat gol yang bersarang di gawang Persija merupakan hasil blunder, meskipun proses penyerangan di 15 menit terakhir juga gencar dilakukan Ismed Sofyan dan kolega.

"Pada 15 menit terakhir itu kita masih on fire untuk membuka peluang goal artinya ada blunder saja (kemasukan), sebelumnya juga tidak ada perubahan situasional," terang Sansan.

Di sisi lain, Sansan memberikan garansi kondisi para pemainnya tidak menemui kendala berarti setelah kembali berlatih pasca libur Lebaran selama satu pekan.

Rencananya, untuk melihat kondisi para pemain pasca libur Lebaran Staff Kepelatihan Persija akan mencanangkan dilakukannya internal game.

"Ya kemungkinan kita akan ada game internal, tapi masih dalam planning. Itu yang akan kita lihat seberapa jauh progress latihan setelah libur Lebaran," tutur eks pelatih fisik Timnas U-16 itu.

Internal game juga diadakan untuk menjaga fisik para pemain lantaran jadwal pertandingan selanjutnya yang sangat jauh.

Tim berjuluk Macan Kemayoran baru akan kembali bertanding pada Sabtu (22/6/2019) mendatang melawan Persela Lamongan di Stadion Surajaya, Lamongan, Jawa Timur. (M17)

Penulis: Gisesya Ranggawari
Editor: Murtopo
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved