Breaking News:

Murid Lulusan SD di Kota Bekasi Yang Punya Kelebihan Menghafal Al Quran Bisa Diterima di SMP Negeri

“Pendaftar datang membawa dokumen dari sekolah yang menerangkan capaian hapalan Al Quran, karena sekolah lebih tahu sejauh mana kemampuan siswanya

Istimewa
ILUSTRASI Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 

Dinas Pendidikan Kota Bekasi menyiapkan jalur khusus bagi penghafal Al Quran atau hafidz Quran pada Penerimaan Peserta Didik Baru tahun ajaran 2019/2020 untuk jenjang SMP Negeri.

Meski kuotanya hanya dua persen, namun diharapkan para murid SD yang hafidz Quran bisa diterima di sekolah negeri yang diinginkan.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Bekasi Inayatullah mengatakan, jalur khusus ini merupakan salah satu upaya Pemerintah Kota Bekasi dalam mewujudkan visinya yakni Cerdas, Kreatif, Maju, Sejahtera dan Ihsan.

Jalur ini, kata dia, juga bagian dari 45 program kerja Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi dan Wakil Wali Kota Bekasi Tri Adhianto Tjahyono.

“Mulai tahun ini kita buka untuk penghafal Al Quran, karena selain sejalan dengan visi Kota Bekasi penyediaan jalur khusus ini juga untuk mewujudkan keinginan masyarakat,” kata Inayatullah pada Selasa (11/6/2019) kepada Wartakotalive.com.

Menurut dia, jalur khusus hafidz Quran ini juga bisa dijadikan ajang pemerintah daerah dalam mencari bibit baru dalam pagelaran Musabaqah Tilawatil Quran yang rutin diadakan setiap tahun.

Mereka dibebaskan mendaftar melalui jalur prestasi yang dialokasikan sebanyak enam persen dari total jumlah siswa di tiap-tiap sekolah.

Jalur prestasi ini terdiri atas prestasi akademik dan non-akademik.

“Untuk prestasi akademik mempertimbangkan nilai Ujian Nasional. Sementara prestasi non-akademik mengacu pada prestasi lain semisal olahraga dan seni,” ujarnya.

Inayatullah menjelaskan, prestasi-prestasi tersebut akan diverifikasi terlebih dahulu oleh petugas.

Halaman
12
Penulis: Fitriyandi Al Fajri
Editor:
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved