Arus Balik Lebaran

Meski Libur Lebaran Sudah Usai, Pemudik Masih Padati Stasiun Senen

Pihak Kereta Api Indonesia menyebutkan kepadatan pemudik yang berangkat dan datang di Stasiun Pasar Senen diperkirakan terjadi sampai pada 16 Juni

Meski Libur Lebaran Sudah Usai, Pemudik Masih Padati Stasiun Senen
Wartakotalive.com/Gisesya Ranggawari
Suasana ruang tunggu Stasiun Pasar Senen pada Selasa (11/6/2019). 

Stasiun Senen masih dipadati oleh para pemudik yang datang maupun berangkat ke kampung halamannya pada Selasa (11/6/2019) meski libur Lebaran sudah usai sejak Minggu (9/6/2019) lalu.

Pemandangan yang bisa dilihat jika datang ke Stasiun Senen yaitu berupa dus, koper atau ransel berukuran besar menghiasi ruang tunggu Pasar Senen.

Para petugas stasiun juga masih siap siaga untuk memberikan informasi atau membantu para pemudik.

Dari data yang dihimpun oleh Warta Kota, pada Selasa (11/6/2019) Stasiun Pasar Senen menerima keberangkatan sebanyak 18.939 penumpang.

Sementara kedatangan penumpang di Stasiun Pasar Senen pada hari yang sama sebanyak 24.284 penumpang.

Pihak PT Kereta Api Indonesia menyebutkan kepadatan pemudik yang berangkat dan datang di Stasiun Pasar Senen diperkirakan terjadi sampai pada tanggal 16 Juni mendatang, atau H+10 Lebaran.

"Puncak arus balik memang kami prediksi akan mulai padat pada Minggu 9 Juni 2019 atau H+3 sampai dengan 16 Juni 2019 atau H+10," kata Eva Chairunisa, Senior Manager Humas DAOP 1 Jakarta kepada Warta Kota, Selasa (11/6/2019).

Kepadatan arus mudik dan arus balik di Stasiun Pasar Senen ditenggarai banyaknya pemudik yang memilih untuk pulang kampung setelah Lebaran, berharap tidak mengalami lonjakan penumpang.

Seperti halnya Zulfikar yang pulang kampung ke Surabaya dari Pasar Senen yang memiliih mengambil cuti setelah Lebaran menghindari padatnya penumpang.

"Kalau saya memang sengaja ambil cuti setelah Lebaran supaya kosong (penumpang). Jadi saya Lebaran di Jakarta dulu," kata Zulfikar yang membawa Istri dan kedua anaknya itu.

Zulfikar yang bekerja di perusahaan swasta itu memilih masuk pada saat Lebaran untuk mengambil cuti setelahnya.

"Saya bela-belain masuk saat Lebaran untuk bisa cuti ini. Tapi sepertinya tidak sepi (penumpang) ya. He he he," ucap pria 42 tahun itu.

Di ruang tunggu, Stasiun Pasar Senen petugas DAOP 1 Jakarta menyediakan kursi sebanyak 700 kursi yang sebelumnya hanya tersedia 80 kursi. (M17)

Penulis: Gisesya Ranggawari
Editor: Murtopo
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved