Ratusan PNS Bolos Seusai Cuti Bersama Lebaran, Sanksi Terberat Ditunda Kenaikan Jabatannya

Arief mengatakan, para pegawai yang termasuk dalam golongan tidak disiplin kerja tersebut akan diberikan sanksi sesuai peraturan yang berlaku

Ratusan PNS Bolos Seusai Cuti Bersama Lebaran, Sanksi Terberat Ditunda Kenaikan Jabatannya
Wartakotalive.com/Zaki Ari Setiawan
Sejumlah ASN Tangerang Selatan bersalam-salaman seusai apel hari pertama setelah lebaran di Lapangan Cilenggang, Serpong, Tangerang Selatan, Senin (10/6/2019). 

Di hari pertama masuk kerja, setelah cuti bersama libur Lebaran, masih banyak pegawai negeri sipil (PNS) atau aparatur sipil negara (ASN) yang bolos kerja dan tidak mengikuti apel pagi, Senin (10/6/2019).

Bagi PNS atau ASN yang tidak disiplin, selain teguran lisan, sanksi lainnya berupa pemotongan Tunjangan Penghasilan Pegawai (TPP) 10-30% dan sanksi terberatnya penundaan kenaikan jabatan.

Di Pemerintahan Kota Tangerang, misalnya. Sebanyak 282 pegawai mangkir kerja dan tidak mengikuti apel pagi yang dipimpin langsung Wali Kota Tangerang, Arief R. Wismansyah di halaman Gedung Pusat Pemerintahan (Puspem) Kota Tangerang.

Pantauan Warta Kota, di depan Gedung Puspem Kota Tangerang banyak juga para PNS yang telat hadir.

Mereka tidak bisa mengikuti apel lantaran pintu pagar Gedung Puspem sudah dikunci.

Di acara apel pagi itu, Arief Wismansyah turun langsung melakukan pengecekan ke sejumlah penjuru Gedung Puspem untuk memastikan anak buahnya yang mangkir apel.

“Makanya ini saya cek, karena banyak yang tidak hadir. Saya tunggu laporannya langsung dari Kasubag Kepegawaian,” ujar Arief, kepada Wartakotalive.com.

Menurut dia, pengecekan data secara manual dengan sistem online terkadang tidak selaras.

Oleh karenanya, dalam pengecekan sore nanti ia akan melibatkan operasi perangkat daerah terkait.

Arief mengatakan, para pegawai yang termasuk dalam golongan tidak disiplin kerja tersebut akan diberikan sanksi sesuai peraturan yang berlaku.

“Sanksinya surat teguran ada edaran dari Menpan,” kata Wali Kota.

105 ASN tanpa keterangan

Sementara itu, 270 pegawai tidak hadir dalam apel yang dipimpin langsung Wali Kota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany di Lapangan Cilenggang, Serpong, Tangerang Selatan, Senin (10/6/2019).

Kepala BKPP Kota Tangerang Selatan, Apendi merinci, jumlah pegawai yang tidak hadir termasuk pegawai yang cuti, sakit, sedang pendidikan, dinas, serta tanpa keterangan.

“Yang hadir 1.866, yang cuti 119 orang, yang sakit 23 orang yang dinas 3 orang, yang pendidikan 20 orang, tanpa keterangan 105 orang,” papar Apendi di Kantor Pemkot Tangerang Selatan, Serua, Ciputat

Penulis: Zaki Ari Setiawan
Editor:
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved