Lebaran

Ada 270 ASN Tangsel Tak Hadir Apel Hari Pertama Pasca Lebaran

Masih ada pegawai di Tangerang Selatan yang tidak ikut apel hari pertama kerja di Lapangan Cilenggang, Serpong, Tangerang Selatan, Senin (10/6/2019).

Ada 270 ASN Tangsel Tak Hadir Apel Hari Pertama Pasca Lebaran
Wartakotalive.com/Zaki Ari Setiawan
Sejumlah ASN Tangerang Selatan bersalam-salaman seusai apel hari pertama setelah lebaran di Lapangan Cilenggang, Serpong, Tangerang Selatan, Senin (10/6/2019). 

Laporan Wartawan Wartakotalive.com, Zaki Ari Setiawan

TANGERANG, WARTAKOTALIVE.COM - Libur lebaran bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) sudah berakhir, akan tetapi masih ada pegawai di Tangerang Selatan yang tidak ikut apel hari pertama kerja di Lapangan Cilenggang, Serpong, Tangerang Selatan, Senin (10/6/2019).

Dari data yang dimiliki Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kota Tangerang Selatan, tercatat 270 pegawai tidak hadir dalam apel yang dipimpin langsung oleh Wali Kota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany.

Kepala BKPP Kota Tangerang Selatan, Apendi merinci, jumlah pegawai yang tidak hadir termasuk pegawai yang cuti, sakit, sedang pendidikan, dinas, serta tanpa keterangan.

Sejumlah ASN Tangerang Selatan bersalam-salaman seusai apel hari pertama setelah lebaran di Lapangan Cilenggang, Serpong, Tangerang Selatan, Senin (10/6/2019).
Sejumlah ASN Tangerang Selatan bersalam-salaman seusai apel hari pertama setelah lebaran di Lapangan Cilenggang, Serpong, Tangerang Selatan, Senin (10/6/2019). (Wartakotalive.com/Zaki Ari Setiawan)

"Yang hadir 1.866, yang cuti 119 orang, yang sakit 23 orang yang dinas 3 orang, yang pendidikan 20 orang, tanpa keterangan 105 orang," terang Apendi di Kantor Pemkot Tangerang Selatan, Serua, Ciputat

Bagi pegawai yang tidak hadir tanpa keterangan, Apendi akan mendalami lebih dalam, apakah para pegawainya itu benar tidak datang atau terlambat dan belum melakukan presensi.

"Nanti kita akan cek, saya khawatir 105 orang itu masuk tapi tidak fingerprint," jelasnya.

Apendi memberi contoh, terdapat pegawainya yang terlambat lantaran baru pulang dari luar kota sehingga tidak mengikuti apel pagi tadi.

"Dia masuk tapi tidak fingerprint, dia bilang dari luar daerah, baru sampai tadi. Saya bilang tadi khawatir yang terlambat itu tidak fingerprint," ujarnya.

Bagi pegawai yang diketahui mangkir, Apendi mengingatkan terdapat sanksi berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 53 tentang Disiplin ASN.

"Yang tidak masuk sesuai aturan ketentuan dari PP 53, bisa teguran lisan, ada yang sedang, berat, dan lainnya, kita cek apa alasannya tidak masuk," tegasnya.

Bagi ASN yang tidak disiplin, selain teguran lisan, sanksi lainnya dapat berupa pemotongan Tunjangan Penghasilan Pegawai (TPP) 10-30%.

Sedangkan sanksi terberatnya adalah penundaan kenaikan jabatan.

Penulis: Zaki Ari Setiawan
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved