Kebakaran

Wali Kota Tangerang Selatan Prihatin Terjadi 11 Selama Libur Lebaran

Penyebab kebakaran beragam, namun yang terbanyak akibat korsleting listrik di rumah yang penghuninya sedang pulang kampung alias mudik.

Wali Kota Tangerang Selatan Prihatin Terjadi 11 Selama Libur Lebaran
Warta Kota/Istimewa
Wakil Wali Kota Tangerang Selatan, Benyamin Davnie 

Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Tangeran Selatan mencatat telah terjadi 11  kebakaran di Kota Tangerang Selatan selama libur Lebaran tahun ini.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Tangerang Selatan, Uci Sanusi mengatakan, 11 kasus itu terjadi  dari H-7 lebaran hingga hari ini, Minggu (9/6/2019).

"Sudah ada 11 kebakaran, termasuk kebakaran alang-alang, tempat barang bekas, dan rumah," kata Uci ketika dihubungi, Minggu (9/6/2019).

Uci menambahkan, penyebab kebakarannya pun beragam. Akan tetapi, untuk kebakaran di pemukiman, sebagian besar disebabkan oleh korsleting listrik.

Ini Penyebab Pemadam Kebakaran Tangerang Selatan Terlambat Datang Ke Kedaung

5 Rumah Kontrakan di Kedaung Tangerang Selatan Habis Dilalap Api

"Variatif penyebabnya, ada yang bensin tersulut lilin, ada yang karena arus pendek. Tapi rata-rata arus pendek," ujarnya.

Dari total 11 kebakaran itu, kata Uci hanya merugikan materil dan tidak ada yang sampai menyebabkan korban jiwa.

Pada Sabtu (8/6/2019) malam, terjadi dua kebakaran sekaligus di tempat berbeda di  Tangerang Selatan, yakni di daerah Kedaung, Pamulang, dan Kampungsawah, Ciputat.

Keganasan si jago merah meludeskan lima rumah yang berada di Kedaung.

Sedangkan di Kampung Sawah kebakaran terjadi di sebuah warung, penyebabnya diduga akibat lilin yang tersulut bensin.

Pada Jumat (7/6/2019), kebakaran juga melanda gudang toko pakaian di daerah Pasar Ciputat.

Rumah Temannya Ludes Terbakar, Anak-anak Ikut Carikan Bantuan Sosial

Sanksi Disiplin Menanti Pegawai Yang Membolos Seusai Cuti Lebaran

Wali Kota Prihatin

Wakil Wali Kota Tangerang Selatan, Benyamin Davnie prihatin dengan banyaknya kebakaran yang terjadi di Kota Tangerang Selatan selama libur Lebaran 2019.

Benyamin mengatakan, sebelumnya sudah diberikan surat edaran kepada camat sampai tingkat Rukun Tetangga (RT) untuk sama-sama menjaga kondisi lingkungan khususnya rumah kosong yang ditinggal penghuninya pulang kampung.

"Sesungguhnya dalam surat edaran wali kota kepada camat, lurah, RT, dan RW itu sudah diingatkan bahwa warga yang akan mudik itu untuk melapor kepada RT dan memeriksa rumah-rumahnya," ujar Benyamin kepada wartawan.

Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Tangerang Selatan juga diminta Benyamin untuk terus meningkatkan kesiapannya jika musibah kebakaran kembali berulang.

"Dengan kejadian ini saya sudah minta kepada Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan untuk lebih siaga lagi, khawatir besok lusa ada lagi kejadian-kejadian yang serupa," katanya.

Penulis: Zaki Ari Setiawan
Editor: Ika Chandra Viyatakarti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved