Lebaran

Murah dan Bebas Macet Bikin Wisatawan Tertarik Liburan Ke Kepulauan Seribu

Kemudahan akses penyeberangan, biaya yang ekonomis, dan kedekatannya dengan Jakarta membuat Pulau Seribu menjadi lokasi alternatif liburan Lebaran.

Jumlah wisatawan yang mengunjungi Kepulauan Seribu pada masa libur Lebaran tahun ini meningkat 18 persen dibandingkan tahun lalu.

Berdasarkan data Suku Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kepulauan Seribu, jumlah wisatawan yang berkunjung ke Kepulauan Seribu mencapai 57.700 orang, selama periode 1-8 Juni 2019.

Mereka terdiri dari, 56.981 wisatawan nusantara, dan 719 orang wisatawan mancanegara.

Wisatawan Ke Kepulauan Seribu Naik 18 Persen Selama Libur Lebaran Tahun Ini

Kepulauan Seribu Dikunjungi 4000 Wisatawan Hari Ini

Jumlah itu meningkat sekira 18 persen dibandingkan momen libur Lebaran tahun 2018 lalu, yang hanya mencapai 47.957 orang.

Kemudahan akses untuk menyeberang ke pulau-pulau di Kepulauan Seribu dan biaya yang terjangkau, ditengarai sebagai faktor-faktor yang mendorong meningkatkan minat wisata ke Kepulauan Seribu.

Kepala Suku Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kepulauan Seribu, Cucu Ahmad Kurnia mengatakan faktor-faktor itu yang membuat Kepulauan Seribu menjadi alternatif liburan selama Lebaran.

“Berlibur ke Pulau Seribu sekarang harganya relatif tidak mahal, dan udah gitu nggak ada macet,” kata Cucu, Sabtu (8/6/2019).

Jokowi Ngevlog Makan Sate, Kaesang Pangarep Bagian Kipasin Sate: Makasih Sudah Percaya Jaga Bara

Ini Daftar Aplikasi Latihan Soal CPNS 2019, Kunci Jawaban, & Pembahasan Terbaik di Playstore

Faktor Kedekatan 

Selain itu masyarakat yang memilih berlibur ke Kepulauan Seribu juga dikarenakan jarak yang dekat dari Ibukota ketimbang harus menghabiskan momen liburan di daerah-daerah kepulauan lainnya, seperti Bali atau Lombok.

“Value for money juga mas. Harga dengan atraksi yang didapat cukup kompetitif dibanding mungkin liburan ke Lombok dengan atraksi yang sama,” katanya.

Cucu menambahkan wisatawan yang datang berlibur ke Kepulauan Seribu kebanyakan berkunjung ke sejumlah tempat seperti Pulau Pari, Pulau Tidung, Pulau Pramuka, Pulau Harapan, dan Pulau Untung Jawa. 

Puluhan ribu wisatawan tersebut datang dari lima dermaga yang tersebar di sejumlah tempat seperti Dermaga Marina Ancol, Dermaga Kali Adem, Dermaga Tanjung Pasir Tangerang, Dermaga Rawa Saban Tangerang, dan Dermaga Sunda Kelapa. 

Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Ika Chandra Viyatakarti
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved