Arus Balik Lebaran

Strategi KSOP Kepulauan Seribu Hadapi Puncak Arus Balik Lebaran

Puncak arus balik penumpang dari Kepulauan Seribu diperkirakan terjadi pada Sabtu dan Minggu ini.

Strategi KSOP Kepulauan Seribu Hadapi Puncak Arus Balik Lebaran
warta kota
Penumpang yang akan berangkat dari Dermaga Kali Adem, Penjaringan, Jakarta Utara menuju Kepulauan Seribu pada Jumat (7/6/2019). 

Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP Kelas IV Kepulauan Seribu  Kapten Herbert Marpaung memprediksi akan terjadi arus balik penumpang dari Kepulauan Seribu pada Sabtu (8/6/2019 dan Minggu (9/6/2019.

Dengan perkiraan arus balik penumpang paling tinggi dari Pulau Tidung, Pulau Pari, dan Pulau Kelapa.

Untuk menghadapi puncak arus balik penumpang itu KSOP Kepulauan Seribu menyiapkan strategi demi meningkatkan keselamatan dan pengamanan penyeberangan.

Langkah pertama dengan mengoptimalkan seluruh petugas yang berada di pulau-pulau di Kepulauan Seribu.

Jasa Marga Imbau Masyarakat Hindari Rest Area saat Rekayasa One Way di Tol Jakarta-Cikampek

Penutupan Rest Area Tol Jakarta-Cikampek Saat Arus Balik Lebaran Dilakukan Secara Situasional

"Total personil KSOP Kepulauan Seribu yang terlibat adalah 61 orang, yang tersebar di pulau-pulau, di kapal-kapal patroli dan di command center kantor KSOP Kepulauan Seribu di Kalijapat Jakarta Utara," jelasHerbert, Sabtu (8/6/2019).

Selain itu, KSOP Kepulauan Seribu juga meningkatkan frekuensi patroli Kapal KNP 355 dan KNS 054, serta KNV 017 yang disiagakan di Pulau Untung Jawa.

"Optimalisasi koordinasi dengan berbagai instansi terkait, operator kapal dan unsur masyarakat baik di pulau-pulau maupun pelabuhan-pelabuhan asal untuk meningkatkan keselamatan pelayaran," kata Herbert.

Herbert mengatakan bahwa ia telah mengoptimaikan penataan embarkasi dan debarkasi serta ruang tunggu penumpang di pulau-pulau dengan menyesuaikan kondisi setempat.

Selain itu, juga berkoordinasi dengan operator-operator kapal guna menambah frekuensi pergerakan kapal dan secara konsisten dan terus menerus melakukan himbauan-himbauan keselamatan pelayaran bagi para penumpang atau wisatawan.

Buku Harian Ungkap Ani Yudhoyono Minta Dibuatkan Lagu, SBY Langsung Gandeng Anji

Susi Pudjiastuti: Laut Masa Depan Bangsa Indonesia, Mari Cintai, Jaga, dan Rawat

"Kami juga melakukan monitoring terhadap kapal-kapal yang bertolak dari Kepulauan Seribu sampai ke tempat tujuan dan kapal-kapal patroli rutin melakukan penertiban penumpang di atas kapal saat berlayar," ujarnya.

Halaman
12
Penulis: Mohamad Yusuf
Editor: Ika Chandra Viyatakarti
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved