Jasa Marga Prediksi Arus Balik Dimulai Hari Ini

PT Jasa Marga memprediksi arus balik Lebaran 2019 dari arah timur menuju barat atau ke Jakarta akan dimulai pada hari ini.

Kompas.com/Garry Lotulung
Ilustrasi. 

Angka prediksi tersebut naik 278,1 persen dari lalu lintas harian rata-rata (LHR) normal sebanyak 22.434 kendaraan.

Ada 140.672 kendaraan meninggalkan Jakarta melalui Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

WARTA KOTA, BEKASI--- PT Jasa Marga memprediksi arus balik Lebaran 2019 dari arah timur menuju barat atau ke Jakarta akan dimulai pada hari ini.

Jumlah kendaraannya juga diprediksi ada 62.379 kendaraan kembali ke Jakarta melalui GT Cikampek Utama.

Corporate Communications Department Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk, Irra Susiyanti, mengatakan, angka prediksi tersebut naik 278,1 persen dari lalu lintas harian rata-rata (LHR) normal sebanyak 22.434 kendaraan.

Kapolda Metro Jaya Pantau Pengecekan Keamanan di Ancol Taman Impian

"Rekayasa lalu lintas one way (satu arah) sesuai diskresi kepolisian di hari pertama arus balik Lebaran 2019 yang jatuh pada hari ini masih akan diberlakukan, mulai dari GT Kalikangkung KM 414 hingga KM 70 GT Cikampek Utama dengan memperhatikan kondisi terkini di lapangan," kata Irra berdasarkan siaran pers yang diterima Jumat (6/7/2019).

Dalam kesempatan itu, Irra mengimbau kepada pengguna jalan yang akan melalukan perjalanan balik kembali ke Jakarta dan sekitarnya agar dapat mengantisipasi waktu keberangkatan, kondisi lalu lintas serta rute perjalanan alternatif lainnya.

Mereka juga diminta memperhatikan rambu-rambu dan arahan petugas di lapangan.

Kunjungi Dermaga Kali Adem, Menteri Perhubungan Ingin Pastikan Perjalanan Kapal Aman

"Pastikan kondisi kendaraan dan pengendara dalam keadaan prima, jaga jarak aman kendaraan serta pastikan kecukupan saldo uang elektronik dan isi bahan bakar kendaraan sampai penuh sebelum memulai perjalanan," ujarnya.

Sementara itu, Jasa Marga mencatat pada hari pertama dan kedua Hari Raya Idul Fitri 1440 H yang jatuh Rabu (5/6/2019) dan Kamis (6/6/2019) ada 140.672 kendaraan meninggalkan Jakarta melalui Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

Irra mengatakan, peningkatan volume kendaraan yang menuju ke arah timur selama dua hari perayaan Lebaran 2019 yang melalui gerbang tol ini masih sangat signifikan.

Dampak Perang Dagang, Pejabat Bank Sentral dan IMF: Bisa Rusak Kepercayaan Bisnis

Kata dia, jumlahnya meningkat 203,79 persen dari lalu lintas harian rata-rata (LHR) normal sebanyak 46.306 kendaraan.

"Khusus pada Kamis (6/6/2019) atau H+1 kemarin, tercatat 66.842 kendaraan melalui Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama. Angka tersebut naik sebesar 288,7 persen dari Lalu lintas Harian Rata-rata (LHR) normal sebesar 23.153 kendaraan," kata Irra.

Berapa Total Nilai Perputaran Uang ke Daerah Pada Mudik Tahun Ini?

Volume lalu lintas di GT Cikampek Utama pada Jumat (7/6/2019) pagi terpantau ramai lancar dengan antrean normal sepanjang 4-5 kendaraan untuk kedua arah, baik arah Cikampek maupun Jakarta.

"Untuk titik-titik kepadatan sepanjang Jalan Tol Jakarta-Cikampek masih terpantau di beberapa titik jelang rest area, seperti rest area  KM 33A, KM 39A dan KM 57A Jalan Tol Jakarta-Cikampek," katanya.

Sambil Tunggu Pengumuman SBMPTN 2019, Ada 4 Hal Bisa Dikerjakan

Penulis: Fitriyandi Al Fajri
Editor: Aloysius Sunu D
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved